Inilah Sederet Produk Samsung Berbasis Windows 8: Samsung Ativ

BERLING – Samsung memperkenalkan perangkat mobile terbaru yang menjalankan sistem operasi Windows 8 untuk tablet, dan Windows Phone 8 untuk smartphone, di pameran Internationale Funkausstellung (IFA) Berlin, Jerman, Rabu (29/8/2012).

Perangkat mobile Samsung yang menjalankan sistem operasi Windows, berada di bawah merek dagang Ativ.

Seperti halnya perangkat Android Samsung yang membanjiri pasar di bawah merek Galaxy, perangkat mobile Windows nampaknya juga akan membanjiri pasar.

“Dengan kepemimpinan kami dalam desain dan teknologi, serta kepemimpinan Microsoft di bisnis sistem operasi, kami bersama-sama dapat menyediakan berbagai macam perangkat Ativ untuk kategori lintas konvergensi, “kata Seong Woo Nam, Executive Vice President of IT Solutions Business Samsung.

Sebagai permulaan, perangkat mobile di bawah merek Ativ saat ini terdiri dari 1 buah smartphone, 1 buah tablet, dan 2 perangkat tablet yang disertai dock papan ketik. Samsung menyebut perangkat yang terakhir ini sebagai Smart PC.

Ativ S (Smartphone)

Samsung Ativ S
Ativ S merupakan smartphone Samsung yang menjalankan sistem operasi Windows Phone 8.

Ativ S menggunakan prosesor dual core dari Qualcomm kecepatan 1,5GHz, RAM 1GB, baterai 2.300mAh, kamera 8MP dengan LED flash dan kamera depan 1,9MP. Memori internalnya tersedia dalam pilihan 16GB dan 32GB.

Layarnya berukuran 4,8 inci dengan teknologi Super AMOLED HD, dan telah menggunakan lapisan kaca antigores Gorilla Glass 2.

Ketipisannya hanya 8,7mm dan materi tubuhnya terbuat dari alumunium.

Untuk konektivitas, tersedia slot MicroSD, jack audio 3,5mm, bluetooth, NFC, serta Wi-Fi dan GSM HSPA untuk koneksi internet.

Ativ Tab (Tablet dengan prosesor berarsitektur ARM, yang khusus menjalankan sistem operasi Windows 8 RT)

Samsung Ativ Tab
Tablet berukuran 10.1 inci yang menggunakan prosesor berarsitektur ARM dual core dengan kecepatan 1,5GHz.

Sistem operasi yang berjalan di Ativ Tab adalah Windows 8 RT, atau singkatan dari Run Time. Windows RT dirancang khusus oleh Microsoft agar berjalan di tablet berbasis prosesor ARM.

Tersedia dalam pilihan memori internal 32GB dan 64GB. Layarnya beresolusi 1.366 x 768 pixel, RAM 2GB, kamera belakang 5MP dengan LED flash dan kamera depan 1,9MP, serta kapasitas baterai 8.200mAh.

Bobotnya 570 gram dan tebal 8,9mm. Meski demikian, Samsung menyediakan jack audio 3,5mm,port Micro-HDMI, MicroSD, dan USB. Port USB di sini bisa menghubungkan Ativ Tab dengan perangkat atau aksesoris yang juga digunakan komputer Windows, seperti keyboard, proyektor,printer, dan lainnya, tanpa perlu meng-install software tambahan.

Sedangkan untuk konektivitas nirkabel, Ativ Tab mendukung bluetooth, Wi-Fi dan NFC.

Tablet ini sudah menyediakan aplikasi Office Home and Student 2013 RT. Pengguna dapat membuka, membuat, atau mengedit dokumen Word, Excel, PowerPoint dan OneNote.

Ativ Smart PC dan Ativ Smart PC Pro (Tablet yang disertai dock keyboard)

Samsung Ativ Smart PC dan Smart PC Pro (1)
Smart PC dan Smart PC Pro merupakan hasil perpaduan antara tablet dan notebook. Baik Smart PC dan Smart PC Pro, merupakan perangkat tablet yang disertai dengan dock papan ketik(keyboard). Jika tablet dipasang pada dock keyboard, maka ia “berubah wujud” menjadinotebook.

Bentang layar Smart PC berukuran 11,6 inci. Layarnya dapat merespon multi-sentuhan hingga 10 jari. Pengguna bisa melakukan cubitan (pinch), memutar gambar, atau menggulirkan layar.

Ia juga dibekali dengan pena stylus bernama S Pen, yang menggunakan teknologi Wacom, serta aplikasi untuk mencatat dan menggambar S Note.

S Pen dan S Note juga digunakan Samsung untuk perangkat keluarga Galaxy Note.

Untuk konektivitas, Smart PC dan Smart PC Pro dibekali slot Micro-HDMI, MicroSD, USB, bluetooth, serta Wi-Fi, 3G dan 4G untuk koneksi internet.

Lalu apa yang membedakan Smart PC dan Smart Pro? Bentuknya sama persis, perbedaannya terletak pada spesifikasi hardware.

Smart PC dibekali prosesor Intel Atom kode nama Clover Trail, RAM 2GB, resolusi layar 1.366 x 768 pixel HD, flash drive 128GB, kamera belakang 8MP dengan flash dan kamera depan 2MP. Baterainya kuat hingga 13,5 jam.

Sedangkan Smart PC Pro, hanya memiliki kapasitas baterai yang kuat 8 jam, kamera depan 2MP, dan kamera belakang 5MP tanpa flash.

Namun, pengguna mendapatkan spesifikasi lebih kencang, seperti prosesor Intel Core i5, RAM 4GB, resolusi layar 1.366 x 768 pixel full HD, dan media penyimpanan data solid state drive (SSD) 256GB.

Karena Smart PC dan Smart PC Pro menggunakan prosesor berarsitektur Intel, maka sistem operasi yang dijalankan adalah Windows 8 (tanpa embel-embel RT).

Samsung Ativ Smart PC dan Smart PC Pro (2)

Sumber: Kompas Tekno

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: