Intel Kejar Bisnis di pasar Tablet

Jakarta – Intel, perusahaan pembuat microchip komputer, mencoba mengejar ketertinggalan menjelang akhir tahun ini lewat penjualan prosesor untuk piranti mobil seperti tablet, yang didominasi prosesor berbasis desain ARM. Perusahaan selama ini lebih dikenal sebagai pembuat prosesor untuk piranti desktop dan laptop.

Namun, beralihnya pasar piranti ke arah peranti mobil, membuat perusahaan raksasa ini harus segera merilis prosesor untuk mengotaki peranti mobil seperti tablet, yang semakin populer menekuk laptop dan desktop secara penjualan.

Intel menawarkan para pengguna dengan tablet berotak prosesor Clover Trail, yang di desain untuk peranti mobil. Beberapa tablet yang menggunakan prosesor ini seperti Lenovo Think Pad 2, Asus Vivo Tab, dan Samsung ATIV Smart.

Menurut penjelasan manajemen Intel, prosesor ini memiliki kapabilitas kecepatan 1,8 GHz untuk memaksimalkan penggunaan tablet berbasis Windows 8. Bobot tablet juga terbilang ringan sekitar 680 gram, cukup bersaing dengan tablet Windows RT, yang berbasis prosesor ARM.

Prosesor Clover Trail ini juga mampu memproses sinyal 3G dan 4G serta fitur Near Field Communication untuk memproses pembayaran saat membeli sebuah produk di mal dengan ponsel atau tablet.

Kemampuan lainnya yang diunggulkan Intel adalah kemampuan batere yang maksi yaitu standby selama tiga pekan dan mampu bertahan saat digunakan secara intensif selama sepuluh jam.

Untuk resolusi layar, Clover Trail dirancang untuk memproses resolusi 1,366×768. Ini memang lebih rendah dibandingkan resolusi tablet berbasis Windows 8 Pro. Dan untuk harga, tablet berbasis prosesor ini minimal ditawarkan ke publik seharga $ 799 (sekitar Rp 7,6 juta). Sumber: Tempo

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: