Blackberry 10, Mahal = Sepi Peminat

JAKARTA, emka.web.id – Research In Motion (RIM)  hingga saat ini masih belum mau membocorkan harga dari perangkat BlackBerry 10. Namun, perusahaan asal Kanada tersebut sudah memberikan sedikit petunjuk.

Menurut Managing Director RIM South Asia Hastings Singh, produk-produk pertama BB10 akan dikategorikan sebagai produk premium. Produk tersebut disiapkan untuk melawan ponsel pintar premium lain, seperti Samsung Galaxy S III dan iPhone 5.

Jadi, apabila berpatokan dengan harga kedua perangkat tersebut saat ini, kemungkinan besar perangkat BB 10 akan memiliki harga tidak kurang dari Rp 6 juta.

Dengan tingginya harga ini, apakah BB 10 bisa langsung bersaing di tahun 2013 mendatang, khususnya di pasaran Indonesia?

“(Perangkat BB10) bisa saja bersaing karena memang ada pasarnya di Indonesia. Namun, karena harganya terlalu tinggi, penyerapan pasarnya agak pelan,” kata Darwin Lie, Market Analyst Client Devices IDC Indonesia, saat berbincang dengan emka.web.id di Jakarta, Senin (17/12/2012).

Karena masalah harga yang tinggi itu juga, Darwin memprediksi pengguna akan lebih memilih menggunakan BlackBerry model lama dengan sistem operasi lawas, jumlahnya masih sekitar 60 persen pada 2013 mendatang.

BlackBerry dengan sistem operasi BB10 akan mulai banyak digunakan, apabila RIM sudah meluncurkan perangkat dengan harga yang lebih murah.

Walaupun pada tahun 2013 mendatang pengguna di Indonesia masih belum terlalu banyak beralih ke perangkat BB10, Darwin memprediksi pangsa pasar BlackBerry masih akan tetap tinggi, yaitu di seputaran angka 35 persen.

Sumber: KOMPAS Tekno

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: