Nokia Here Tampilkan Kemacetan Jakarta

JAKARTA, – Peta digital Here buatan Nokia, kini dapat menampilkan laporan kemacetan lalu lintas di Jakarta. Fitur baru ini sangat berguna untuk warga Jakarta yang setiap hari terjebak macet, agar dapat merencanakan rute lalu lintas yang lebih efisien.Cukup dengan memasukkan nama lokasi tujuan, atau panduan navigasi dari satu lokasi ke lokasi lainnya di aplikasi Here. Sentuh tombol di kanan bawah layar, lalu pilih Live traffic view untuk melihat laporan kemacetan.

Kemacetan lalu lintas itu ditampilkan melalui tiga garis warna. Warna oranye berarti minor, atau kemacetan tak berarti. Merah adalah major, kemacetan besar. Dan garis hitam untuk critical, yang berarti kemacetan parah.


Seperti lalu lintas Jakarta setiap harinya, Here menampilkan banyak garis warna oranye dan merah. Pengguna mungkin bisa mengikuti garis warna hijau untuk memilih jalan yang relatif lancar.Di aplikasi Here, pengguna juga dapat menampilkan atau menyembunyikan informasi kecelakaan lalu lintas, perbaikan jalan/konstruksi, kemacetan, dan kendala lalu lintas lainnya.


Sementara ini, laporan kemaceran lalu lintas hanya tersedia untuk kawasan Jakarta dan sekitarnya. Aplikasi Here belum menyediakan laporan kemacetan untuk kota-kota besar lainnya.


Here merupakan layanan peta digital berbasis komputasi awan (cloud computing) yang diluncurkan pada 13 Oktober 2012 oleh Nokia. Saat ini Here bisa diakses melalui situs web dan aplikasinya telah tersedia untuk perangkat iOS.Nokia berjanji akan membuat aplikasi Here untuk Android dan Windows Phone pada 2013 mendatang. Nokia juga menjalin kerja sama dengan Mozilla untuk membuat aplikasi Here di sistem operasi mobile Firefox OS

Here juga memanfaatkan penggunaan data yang diserahkan secara kolaboratif oleh penggunanya melalui menu Map Creator. Menu ini mempersilakan pengguna menambah nama jalan atau tempat di sekitarnya, arus lalu lintas, dan sebagainya.

Nokia mengklaim, Here menawarkan proses rendering yang lebih cepat, tetapi penggunaan bandwidth internetnya rendah.

Sumber: KOMPAS Tekno

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: