Tablet PC Kebanggaan India Ternyata Bikinan Cina!

New Delhi – Komputer tablet Aakash dibanggakan negara India karena dinilai sebagai sebuah bentuk kemandirian teknologi. Namun rupanya, tablet PC tersebut dibuat di China.

Seperti diberitakan sebelumnya, tablet Aakash yang harganya sekitar Rp 250 ribu disebut sebagai yang termurah di dunia. Bisa semurah itu karena disubsidi pemerintah India dan ditujukan untuk edukasi.

Menurut dokumen yang didapat oleh media Hindustan Times, tablet Aakash dibuat di China dan diimpor oleh penciptanya, Datawind. Tercatat sejumlah 10 ribu unit tablet diimpor dari empat suplier di China.

Padahal pemerintah India memesan 100 ribu unit tablet tersebut karena menyangka akan dibuat sepenuhnya di India. Chief Executive Datawind, Sunit Sing Tuli pun akhirnya tidak menyangkal bahwa memang komponen seperti motherboard dibuat di China.

“Unitnya ada yang dirakit di China di berbagai manufaktur sedangkan perakitan final dilakukan di India,” kata Sunit sembari menambahkan bahwa Apple iPad pun dirakit di China.

Otoritas pun merasa kecewa jika tablet itu memang tidak sepenuhnya buatan India. Sumber: detikINET

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: