40% Aplikasi Blackberry 10 Berasal dari Android

California -BlackBerry mengkaim bahwa toko aplikasi online milik mereka memiliki 70 ribu aplikasi. Namun ternyata 40% dari aplikasi itu berasal dari Android.

Pada saat peluncuran BlackBerry 10 akhir bulan lalu, pihak BlackBerry (dulunya bernama RIM) juga mengumumkan ketersediaan 70 ribu aplikasi yang siap diunduh di toko aplikasi online BlackBerry World.

Mayoritas dari 70 ribu aplikasi itu memang berasal dari berbagai aplikasi yang ada di sistem operasi BlackBerry lama, dan menurut PCMag jumlah aplikasi BlackBerry 10 yang di-porting dari Android mencapai 28 ribu aplikasi, alias 40% dari total keseluruhan aplikasi BlackBerry 10.

Pihak BlackBerry memang menyediakantool khusus untuk para developer Android untuk mempermudah proses porting aplikasi Android mereka di BlackBerry 10.

Menurut Don Lindsay, desainer dari BlackBerry 10, sempitnya waktu peluncuran serta keterbatasan aplikasi native BlackBerry 10 menjadi alasan utama ditempuhnya kebijakan ini.

Lewat tool khusus tersebut, para developer hanya perlu mengubah beberapa baris coding agar aplikasi Android mereka bisa berjalan lancar di BlackBerry 10.

Kebanyakan dari penulisan ulang kode tersebut lebih dipusatkan pada fungsibackdan menu yang biasanya bisa dilakukan melalui hardware button atau software button.

Namun mengingat BlackBerry 10 sepenuhnya menggunakan swipe gesture untuk pengoperasiannya, maka para developer hanya perlu berkonsentrasi pada masalah itu saja.

Namun Lindsay mengatakan bahwa kebijakan ini hanyalah merupakan solusi sementara saja. Ke depannya pihak BlackBerry juga menginginkan para developer berkenan mengembangkan aplikasi native bagi sistem operasi BlackBerry 10.

Sebagai perbandingan, kini sistem operasi Android memiliki 700 ribu aplikasi yang tersedia di Google Play Store, sedangkan Apple punya sekitar 800 ribu aplikasi di App World. Bahkan pemain baru Windows Phone telah memiliki 100 ribu aplikasi di toko aplikasi online milik mereka.

Sumber: Inilah.com

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: