ASUS Luncurkan Tablet Murah, Memopad

Jakarta – Tablet 7 inci banyak diburu konsumen. Asus pun ingin mencicipi gurihnya pasar kategori tablet kecil ini, seperti yang telah dinikmati Samsung, Amazon, Google, dan Acer.

Untuk bersaing di pasar ini, Asus mengandalkan Memo Pad. Saat diluncurkan pada Maret lalu di Jakarta, harganya Rp 1,699 juta. Kini, di toko online, produk itu ditawarkan seharga Rp 1,499 juta.

Meski murah, Memo Pad dilengkapi dengan teknologi mutakhir. Prosesor 1,2 gigahertz dari Qualcomm Snapdragon dibenamkan di dalamnya. Urusan grafis dipercayakan pada Mali-400 MP dual core.176140_620

Kamera belakang berkekuatan 5 megapiksel, siap menjepret momen indah. Adapun kamera depan 1 megapiksel untuk video chatting. Kapasitas simpan yang disediakan adalah 16-64 gigabita.

Untuk memudahkan terhubung dengan jaringan Internet tersedia dua koneksi, yakni melalui Wi-Fi dan 3G. Sedangkan layarnya memiliki resolusi 1.280 x 800 piksel.

Sekilas, tampilan tablet ini mirip dengan Nexus 7 milik Google. Hal tersebut tak mengherankan lantaran tablet Nexus ini juga buatan Asus atas pesanan Google.

Media digital CNET mewanti-wanti calon pembeli untuk bersiap kecewa. Sebab, resolusi layar yang rendah membuat teks pada halaman situs atau e-book terlihat kurang jelas.

Selain itu, sudut pandang (viewing angle) yang sempit membuat detail grafis dan warna sulit terlihat dengan jelas. Sebab, layar yang digunakan adalah Twisted Nematic, yang terbilang murah.

Hal tersebut berbeda dengan Nexus 7 yang sudah menggunakan teknologi IPS sehingga gambar dan warna terlihat tajam. Untuk pengelolaan energi, tablet ini memiliki tiga opsi: power saving, balanced, dan performance.

Dua opsi pertama bakal menurunkan kinerja prosesor menjadi di bawah kapasitas maksimal untuk menghemat energi. Sedangkan pada opsi ketiga, prosesor akan bekerja secara penuh.

Tablet ini ditujukan bagi calon pengguna dengan dana terbatas. Namun, jika ingin menikmati tablet berkinerja andal dengan harga yang tak jauh berbeda, Nexus 7 bisa menjadi pilihan.

Sumber: Tempo

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: