Beberapa Vendor Mulai Lirik OS Tizen

Samsung akan menjadi produsen pertama yang memproduksi ponsel pintar dengan sistem operasi Tizen, pada akhir tahun 2013. Selain Samsung, Fujitsu dan NEC juga akan memproduksi ponsel Tizen.

Dikutip dari media massa MSN Sankei News asal Jepang, Fujitsu dan NEC berkomitmen membuat ponsel Tizen pada 2014. Besar kemungkinan, keduanya akan memperkenalkan Tizen di kampung halaman mereka, Jepang.

Tizen merupakan sistem operasi bersifat terbuka (open source) untuk perangkat mobile yang memakai inti program (kernel) Linux. Kernel ini juga digunakan pada Android.
Tizen merupakan proyek besar Samsung bersama produsen prosesor Intel dan Linux Foundation. Selain itu, Fujitsu, NEC, Huawei, Panasonic, juga telah bergabung dalam proyek Tizen. Dari sektor operator seluler, Tizen didukung oleh NTT DoCoMo, Orange, Vodafone, Sprint, serta dua operator Korea Selatan, SK Telecom dan KT.

Tizen diharapkan menjadi sistem operasi mobile alternatif selain iOS, Android, Windows Phone dan BlackBerry 10, yang sudah eksis di pasar global.

Sumber: KompasTEKNO

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: