Galaxy Tab 3 Akan Dibenami Prosesor 8 Core

Jakarta – Setelah Galaxy S4, prosesor berdaya octa core alias ‘8 otak’ konon juga akan disematkan Samsung ke dalam Galaxy Tab 3. Bocoran spesifikasi lainnya?

Ya, Samsung saat ini memang diisukan tengah menyiapkan gadget baru dari ranah phablet dan tablet. Untuk phablet tersebutlah nama Galaxy Note III, sedangkan versi tablet PC ada nama Galaxy Tab 3 yang digadang-gadang bakal melenggang.

Tentunya dengan status gadget anyar, kedua perangkat tersebut juga harus didandani dengan spesifikasi paling gress.

Untuk Galaxy Tab 3 misalnya, Sam Mobile melansir bahwa perangkat ini bakal tampil dengan lebar layar 10,2 atau 11,6 inch dan mengusung super amoled display dengan resolusi full HD.

Adapun dapur pacunya diisukan bakal digeber dengan prosesor delapan core Exynos 5 Octa. Tentu saja ini merupakan ‘otak’ untuk perangkat kelas atas yang dimiliki Samsung, sehingga kemampuannya pun bakal ciamik.

Boy Genius Report melansir bahwa Galaxy Tab 3 dan Galaxy Note III bakal dirilis Samsung pada tahun ini, tepatnya pada bulan September atau di perhelatan IFA 2013 yang berlangsung di Berlin, Jerman.

Samsung sendiri sebelumnya telah menyematkan prosesor 8 otak pada Galaxy S4 versi non LTE. Prosesor yang digunakan adalah Exynos 5 Octa. Namun demikian, prosesor ini tidak murni 8 otak.

Exynos 5 Octa memakai arsitektur dari ARM yang disebut big.LITTLE. Lebih akurat untuk mengatakannya sebagai dua prosesor quad core yang bekerja sesuai kebutuhan daripada sebuah chip dengan 8 core.

Terdapat empat inti prosesor performa tinggi dengan clock speed sampai 1,6 GHz serta empat inti lagi yang lebih efisien powernya, dengan clock speed sampai 1,2 GHz. Masing-masing disebut Cortex A15 dan A7.

ARM mendeskripsikan A15 cocok untuk melakukan tugas berat seperti main game. Sedangkan Cortex A7 ditujukan untuk melakukan tugas yang lebih ringan, seperti operasional ponsel.

Sumber: detikINET

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: