Inilah Negara dengan Jaringan LTE Tercepat

London – Sudah banyak negara yang menerapkan teknologi 4G LTE sebagai jaringan telekomunikasi selulernya. Tapi tahukah Anda negara mana yang memiliki jaringan 4G LTE tercepat?

Perusahaan penguji sinyal asal Inggris bernama OpenSignal baru-baru ini melakukan studi terhadap sejumlah negara yang telah menerapkan jaringan 4G LTE.

Hasilnya ditemukan bahwa Swedia adalah negara yang memiliki jaringan 4G LTE tercepat di dunia dengan kecepatan download rata-rata mencapai 22,1 Mbps, demikian dilaporkan AndroidAuthority.

Swedia memang merupakan negara pertama di dunia yang menerapkan jaringan 4G LTE melalui perusahaan telekomunikasi TeliaSonera pada 14 Desember 2009.

1958787

Sementara itu Amerika Serika merupakan negara kedua yang menerapkan jaringan 4G LTE hanya berada di urutan kedelapan dengan kecepatan download rata-rata 9,6 Mbps.

Hasil studi OpenSignal tersebut juga mencatat, negara lain yang memiliki jaringan 4G LTE tercepat adalah Hong Kong dengan kecepatan download 19,6 Mbps. Kemudian disusul oleh Denmark dengan 19,1 Mbps, Kanada 18,1 Mbps, Australia 17,3 Mbps, Korea Selatan 16,4 Mbps, Jerman 14 Mbps dan Jepang 7,1 Mbps.

OpenSignal mengumpulkan data sampel lewat metode crowdsourcing, lalu menggabungkan hasil pengukuran yang dicatat oleh jutaan smartphone yang telah mengunduh aplikasi Android mereka yang dirilis gratis.

Perusahaan Inggris ini juga mencatat bahwa dalam kurun waktu dua tahun terakhir, sinyal jaringan LTE muncul dari 62 negara. Beberapa di antaranya termasuk sejumlah negara-negara Afrika serta sejumlah negara Asia Tengah seperti Uzbekistan dan Kyrgyzstan.

Sementara di Indonesia, meskipun berbagai perangkat yang mendukung koneksi 4G LTE sudah mulai hadir sejak akhir tahun lalu, namun jaringan yang dikenal cepat ini baru direncanakan hadir di 2013 ini.

Sumber: Inilah.com

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: