Kim Dotcom Resmi Hindari Domain .com untuk Mega

Banyak alasan mengapa Mega lebih memilih domain .co.nz daripada .com yang selama ini jamak digunakan oleh situs-situs besar dunia. Namun, satu hal yang pasti, bisa jadi pemilihan domain .co.nz ini dilakukan demi menjaga keamanan layanan cloud storage ini.

Selama ini memang tidak ada aturan baku yang menjelaskan domain apa yang harus digunakan oleh suatu situs. Namun, kebanyakan situs besar di dunia memilih menggunakan domain.com untuk alamat situs mereka. Hal ini dikarenakan domain .com sudah sangat melekat penggunaannya di antara para pengguna internet dunia.

Namun, ada yang unik dari domain yang digunakan oleh Mega. Kendati sasaran penggunannya ditujukan untuk seluruh dunia, Mega lebih memilih menggunakan domain .co.nz daripada .com.

Domain .co.nz sendiri merupakan CCTLD (Country Code Top Level Domain) yang penggunaannya khusus untuk website yang berbasis di Selandia Baru. Penggunaan domain .co.nz sendiri selama ini ditujukan untuk website yang berbasis dan menyasar di Selandia Baru.

Diyakini Mega lebih memilih nama domain ini karena saat ini mereka berbasis di Selandia baru. Selain itu, bisa jadi Mega mencoba untuk menghindari undang-undang anti pembajakan AS.

Seperti diketahui, selama ini pemegang hak komersil domain .com dipegang oleh Verisign Inc yang berbasis di Amerika Serikat. Jika Mega menggunakan domain .com ini, bisa jadi mereka akan dipersulit oleh peraturan yang dibuat oleh Verisign tersebut.

Sebelumnya, Mega sendiri berencana memakai CCTLD Gabon .ga. Namun, karena adanya larangan dari pemerintah Gabon, domain Me.ga urung digunakan.

sumber: Merdeka.com

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: