Mark Shuttleworth Senang Windows Tidak Dominan Lagi

Jakarta – Mark Shuttleworth, pendiri Canonical yang membuat OS open source Ubuntu, menilai pasar komputer personal saat ini punya kompetisi yang sehat. Ia menilai dominasi Windows sudah mulai terkikis.

Secara khusus, Mark memuji Android dan iOS dari Apple yang mencaplok pangsa pasar Windows dan membuka pasar baru di dunia komputer personal. Seperti tablet PC.

“Android mungkin bukan pilihan pertama dari Linux, namun tanpa keraguan adalah platform open source yang menawarkan manfaat praktis dan ekonomis bagi user dan industri. Jadi kami memiliki perwakilan bagus open source di komputasi personal,” jelas Mark.

Pada tahun 2004, Mark memang sudah berambisi menggoyang dominasi Windows. Besarnya pangsa pasar Windows diibaratkannya sebagai sebuah bug.

“Microsoft memiliki mayoritas pangsa pasar dalam pasar desktop PC. Ini adalah sebuah bug yang ingin diperbaiki oleh Ubuntu,” katanya ketika itu yang dikutip dari PCWorld, Minggu (2/6/2013).

Ubuntu belum bisa menggoyang Windows yang saat ini memang masih dominan sebagai OS desktop dan laptop. Namun berkat Android dan juga iOS, Microsoft keteteran di segmen tablet PC serta smartphone.

Ubuntu sendiri sudah memperkenalkan OS Ubuntu untuk perangkat mobile. Smartphone yang memakai OS Ubuntu kabarnya akan dipasarkan dalam waktu dekat.

Sumber: detikINET | PCWorld

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: