MediaTek Segera Produksi Chip MTK 8-Core

CHINA – MediaTek adalah produsen chip yang biasanya digunakan pada perangkat-perangkat dengan harga terjangkau. Namun kemarin dari laporan yang diperoleh PhoneArena, perusahaan asal China tersebut telah mulai memamerkan chip MT6592 yang memiliki delapan core di dalamnya. Seorang analis HQ Research bernama Pan Jiutang memperlihatkan foto bocoran roadmap Mediatek, menunjukkan prosesor 8 core MT6592 dengan kecepatan clock mencapai 1,7GHz hingga 2GHz, serta decoding video 1080p 30fps.

Hasil benchmark AnTuTu prosesor tersebut mencapai nyaris 30000, sangat tinggi meskipun masih kalah dengan angka 33000 dari Qualcomm Snapdragon 800. Tentu saja dijamin kalau perangkat dengan Mediatek octacore akan lebih terjangkau daripada perangkat berotak Snapdragon 800. Juga jangan lupa, teknologi 8 core dari Mediatek ini bekerja bersamaan, tidak seperti teknologi 8 core Samsung Exynos Octa (big.LITTLE), di mana ada sepasang prosesor quadcore, dan hanya sebuah prosesor quadcore yang bekerja dalam satu waktu, tergantung berat atau ringan tugas yang dilakukan.

Produksi massal dijadwalkan akan dimulai November nanti, menggunakan pemrosesan 28nm dari TSMC. Perangkat pertama yang menggunakan prosesor delapan otak ini akan mulai dilepas ke pasaran mulai awal 2014.

Sumber: TeknoUp

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: