Nokia Resmi Hentikan Symbian

Espoo – Selama kurun waktu 10 tahun, sistem operasi Symbian memainkan peranan penting di Nokia. Tapi kini Symbian tidak akan lagi digunakan Nokia. Benarkah?

Produsen ponsel raksasa asal Finlandia itu akhirnya mengumumkan bahwa OS Symbian tidak lagi mereka gunakan dan Nokia 808 PureView akan menjadi produk terakhir yang menggunakan OS Symbian, demikian seperti dilansir GSMarena.

OS Symbian di perangkat Nokia memainkan peranan penting di smartphone mereka selama 10 tahun. Namun ketika revolusi layar sentuh dimulai di smartphone, Symbian mulai ditinggalkan Nokia.

Beberapa model ponsel ternaik Nokia yang menggunakan OS Symbian dimulai dengan Nokia 9210 Communicator, lalu menyusul Nokia E61 sebagai messenger-phone hingga mencapai era kejayaannya dengan Nokia E71, yang membuat OS Symbian sempat menyaingi Blackberry.

OS Symbian juga sempat menggebrak di segmen camera-phone lewat Nokia N95 dan Nokia N8 yang menjadi salah satu smartphone populer dengan penjualan hingga 25 juta unit.

Smartphone Nokia mulai bergeser dengan menggunakan sistem operasi Windows Phone di awal 2012. Dan hingga kini OS besutan Microsoft ini jadi satu-satunya sistem operasi yang digunakan Nokia di produk smartphone-nya.

Via Inilah.com

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: