Nokia Semakin Bangkrut, Kini Jual Kampus Miliknya di Finlandia

Penjualan aset Nokia -yang pernah menjadi produsen ponsel nomer satu di dunia- terus berlanjut. Selelah melego markasnya di Espoo, Finlandia, Desember 2012 lalu, kali ini perusahaan tersebut menjual kompleks kampus Peltola miliknya di daerah Oulu, masih di negara yang sama.

Pembelinya adalah Technopolis, perusahaan lokal Finlandia yang bergerak di bidang penyediaan ruang perkantoran. Jumlah harga yang dibayar adalah 30,5 juta Euro atau sekitar Rp 387 miliar.

Hasil penjualan akan ditambahkan pada kas bersih Nokia yang pada kuartal keempat tahun lalu dilaporkan sebesar 5,9 miliar dollar AS. Penjualan aset oleh Nokia menyumbang 800 juta dollar AS pada kuartal yang sama.

Seperti pada penjualan kantor pusatnya, Nokia sendiri tak akan sepenuhnya hengkang dari properti tersebut. Perusahaan ini akan menyewa sebagian area kampus seluas 17.400 meter persegi dari Technopolis lewat perjanjian sewa jangka panjang.

Luas area yang disewa itu sama dengan yang ditempati Nokia selama ini sehingga kegiatan operasional perusahaan tak akan mengalami perubahan pasca penjualan.

“Seperti yang dikatakan sebelumnya, kami memfokuskan diri pada bisnis inti dan mengevaluasi penjualan aset non-inti seperti real estate,” ujar Wakil Presiden Nokia Juha Olkinuora dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip dari PhoneArena.

“Nokia dan Technopolis telah menjadi mitra di Oulu selama lebih dari 20 tahun, jadi mereka merupakan rekanan yang alami bagi kami. Nokia akan melanjutkan aktivitas di kampus seperti sebelumnya,” lanjut Olkinuora lagi.

Pihak Technopolis mengatakan bahwa kampus tersebut akan melengkapi kompleks kampus lain seluas 27.000 meter persegi yang sudah dimiliki perusahaan itu di daerah yang bersangkutan.

Sumber: Kompas Tekno

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: