NVIDIA Luncurkan Lagi GPU Terbarunya!

Jakarta – Belum lama rasanya Nvidia GeForce Titan GTX 780 berbasis GK110 ‘Kepler’ diluncurkan ke pasaran. Namun pada gelarannya Nvidia GPU Technology Conference, Jen-Hsung Huang selaku CEO NVidia malah membocorkan teknologi grafis terbaru garapannya.

Dikatakan Huang, teknologi grafis yang nantinya bakal mengusung nama Maxwell tersebut akan mengenalkan teknologi baru dalam segmen pengolah grafis yang disebutnya sebagai unified virtual memory.

Teknologi tersebut memungkinkan GPU untuk mengetahui isi konten di dalam sistem RAM, begitu juga sebaliknya.

Dijelaskan lebih lanjut oleh Huang, dengan hadirnya teknologi ini akan semakin memudahkan pemrograman GPU menjadi lebih mudah, terutama bagi aplikasi yang dioptimasi khusus untuk GPGPU (General Purpose Graphic Procesing Unit).

Setelah Maxwell, Nvidia juga akan menghadirkan pengolah grafis yang akan mengusung nama Volta. Hebatnya, Nvidia akan menyematkan memori langsung di dalam GPU garapannya tersebut kelak.

Tentunya dengan metode tersebut, bandwidth memori akan jauh lebih cepat dibanding metode yang saat ini digunakan. Bahkan dikatakan oleh Huang, Volta akan mampu mencetak bandwidth sebesar 1 TB/s atau 3 kali lebih cepat dibanding bandwidth yang dimiliki oleh GeForce Titan GTX 780 saat ini.

Sayangnya dalam acara tersebut Huang tidak membeberkan kapan Maxwell ataupun Volta bakal menginjak pasaran.

Namun bila mengikuti tradisi Nvidia yang selalu meluncurkan teknologi terbarunya tiap 2 tahun sekali, setelah Kepler yang diluncurkan tahun 2012 lalu, maka Maxwell akan hadir ke pasaran setidaknya pada tahun 2014 nanti.

Sedangkan Volta baru akan hadir 2 tahun setelah kehadiran Maxell yakni sekitar tahun 2016.

Dalam presentasinya, Bos NVIDIA ini pakai Linux loh…

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: