Tahun Baru, Operator Diminta Tingkatkan Kapasitas

JAKARTA, emka.web.id – Kementerian Komunikasi dan Informatika menghimbau para penyelenggara telekomunikasi untuk meningkatkan kapasitas jaringan seluler dan internet, guna mengantisipasi lonjakan trafik pada malam pergantian tahun baru dari 2012 ke 2013.

Peningkatan kapasitas jaringan itu digelar di lokasi perayaan tahun baru di seluruh Indonesia, termasuk sepanjang jalan protokol dari Jl. MH. Thamrin hingga Jl. Sudirman, Jakarta, yang menjadi lokasi pelaksanaan Car Free Night.

“Antisipasi itu harus dilakukan, karena saat suasana seperti itu diperkirakan akan ada ribuan warga yang menggunakan perangkat telekomunikasi masing-masing untuk saling berkomunikasi menggunakan media sosial dan bahkan ribuan orang juga saling meng-up load foto dan video langsung on the spot,” kata Kepala Pusat Informasi dan Hubungan Masyarakat Kemkominfo Gatot S Dewa Broto dalam siaran pers, Senin (31/12/2012).

Ia melanjutkan, dalam situasi itu, kebutuhan bandwidth akan meningkat tajam, dan tidak ada pilihan lain bagi para penyelenggara telekomunikasi untuk mengantisipasinya dengan baik jika tidak ingin diperingatkan oleh Kemenkominfo dan Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI), dan juga tidak ingin dikomplain oleh pengguna layanannya.

Berdasarkan laporan sementara dari sejumlah penyelenggara telekomunikasi, beberapa operator seluler sudah ada yang menempatkan BTS mobile di titik tertentu sekitar Jl. MH. Thamrin dan Jl. Sudirman.

Sumber: KOMPAS Tekno

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: