Tren 2013, Smartphone Berlayar Lebar

Jakarta – Awal mulanya, kehadiran phablet atau ponsel berukuran jombo sempat diremehkan. Namun rupanya, konsumen lumayan meminatinya. Bahkan tahun 2013 ini diprediksi menjadi era phablet.

“Kami perkirakan tahun 2013 akan menjadi tahunnya phablet,” kata Neil Mawston, Executive Director Strategy Analytics yang dikutip dari Reuters, Sabtu (12/1/2013).

Kesuksesan phablet dimotori oleh Samsung Galaxy Note. Versi keduanya, Galaxy Note II, terjual 5 juta unit hanya dalam dua bulan pemasarannya.

Sekarang, beberapa vendor pun seakan berlomba merilis ponsel jumbo. Seperti Huawei yang sudah memperkenalkan Ascend Mate, phablet berukuran 6,1 inch.

Juga Sony, HTC. Lenovo dan ZTE telah meluncurkan handset seukuran 5 inch atau lebih. Sepertinya, mereka ingin turut menangguk untung di segmen phablet.

Menurut prediksi Barclays, pasar untuk phablet akan meningkat empat kali lipat menjadi USD 135 miliar dalam tiga tahun ke depan. Pengapalan ponsel dengan layar 5 inch atau lebih itu, diproyeksi akan berjumlah 228 juta unit dalam periode yang sama.

Sejatinya, phablet pertama boleh dibilang adalah Dell Streak, namun tidak sukses. Sebab kala itu, Streak masih dinilai sebagai perangkat yang aneh.

“Streak diluncurkan pada saat smartphone 3 inch menjadi standar dan lompatan ke 5 inch terlalu jauh. Sedang Galaxy Note dirilis ketika ponsel 4 inch sudah umum dan lompatan ke 5 inch tak terlalu banyak,” kata Mawston.

Via detikInet

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: