BBM Luncurkan BBM Money untuk iOS & Android

Jakarta – Setelah 1,5 tahun hadir di kalangan pengguna OS BlackBerry, layanan BBM Money tak lama lagi akan ikut dibuka lintas platform menyambangi pengguna iOS dan Android yang ada di Indonesia.

Mobile payment hasil kerja sama antara BlackBerry, Bank Permata, dan Monitise ini dijadwalkan lebih dulu masuk ke toko aplikasi Android pada akhir 2014. Sementara di iOS baru menyusul kemudian di awal 2015.

“Android sengaja lebih dulu dibanding iOS karena pangsa pasar penggunanya lebih besar untuk BBM lintas platform,” kata John Sims, President Global Enterprise Solutions BlackBerry di Ritz Carlton, Pacific Place, Jakarta, Kamis (18/9/2014).

BBM Money pertama kali dihadirkan pada Maret 2013 lalu. Indonesia sengaja dipilih menjadi pilot project untuk layanan e-money di mobile platform BlackBerry Messenger ini karena masih rendahnya penetrasi penggunaan alat pembayaran melalui kartu kredit yang baru 11%.

Selain itu, diakui John, faktor lainnya adalah kebiasaan pengguna Indonesia yang sering memanfaatkan BlackBerry Messenger dan BBM Group untuk transaksi jual-beli yang berakhir dengan metode cash-on-delivery atau lewat transfer ATM.

“Sekitar 72% pengguna BlackBerry di Indonesia aktif menggunakan BBM. Apalagi sejak BBM lintas platform diluncurkan di iOS dan Android, dalam setahun terakhir tumbuh 150%. Jelas, Indonesia pasar yang bagus untuk BBM Money,” kata Matthew Talbot, SVP Emerging Solutions of BlackBerry.

Secara global, pengguna BBM sejak dibuka lintas platform telah mencapai 162 juta. Namun sayangnya, kedua petinggi BlackBerry ini tak mau menjabarkan secara detail jumlah penggunanya di Indonesia kecuali dari persentase yang tumbuh signifikan.

Sumber: detikINET

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: