Headset Oculus VR Lebih Ramping

Jakarta – Setelah cukup lama terpaku dengan prototipe yang itu-itu saja, Oculus akhirnya mengumumkan penyempurnaan dari Rift yang merupakan headset Virtual Reality (VR) garapannya. Selain sebagai prototipe terbaru, bisa dibilang ini adalah juga hasil pertama Oculus selepas akuisisi yang dilakukan Facebook. Seperti apa?

Prototipe terbaru headset VR Oculus Rift kali ini diberi sebutan Crescent Bay. Sekilas, tampak tak terlihat perbedaan signifikan dibanding prototipe sebelumnya, namun Crescent Bay tampil sedikit lebih ramping.

Kelebihan lainnya adalah sektor tampilan layarnya yang kini disebut mencapai 360 derajat. Artinya tak sebatas menengok, pengguna juga bisa merasakan ‘lingkungan’ yang disuguhkan Oculus Rift hingga ke yang berada di balik pandangannya.

Tambahan lainnya adalah bobot yang semakin ringan, dan penambahan audio terintegrasi. Hal itu bisa dilihat dari tambahan headphone yang kini tersemat pada Crescent Bay.

Prototipe headset VR terbaru ini juga memiliki pengenalan position tracking volume yang lebih baik, terutama untuk mengenali objek yang tampak jauh dan output suara yang lebih akurat.

Pun demikian, seperti dilansir Forbes, Minggu (21/9/2014), Brendan Iribe yang menjabat sebagai CEO Oculus mengatakan prototipe ini masih jauh dari hasil akhirnya, meski ia juga menyebut Crescent Bay adalah ‘lompatan besar’ bagi Oculus.

“Perjalanan (pengembangan Oculus Rift-red)kami masih panjang, seperti saat kita memulainya dengan Crystal Cove (yang merupakan prototipe sebelumnya). Tapi ini adalah lompatan masif,” ujar Iribe.

“Memang (Crescent Bay) masih jauh dari sempurna, tapi ini adalah langkah besar ke depan menuju Rift versi produksi massal,” pungkasnya.

Sumber: detikINET

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: