HTC Kalah Perang Paten dengan Nokia di Jerman

TAIWAN – Smartphone HTC terancam ditarik di Jerman setelah pengadilan di negara setempat memutuskan bahwa perusahaan melanggar paten milik Nokia. Nokia memenangkan paten melawan HTC di Jerman.

Dilansir Vr-zone, Kamis (2/1/2014), paten yang dimaksud memiliki kode nama EP1148681. Paten ini merupakan metode untuk mentransfer informasi antara dua handset melalui konektivitas Bluetooth atau NFC.

Kabarnya, paten ini tidak terlindungi oleh persyaratan lisensi FRAND. Ini merupakan paten esensial non-standar yang berarti penggunaannya tidak krusial untuk fungsi perangkat.

Dengan menangnya paten oleh Nokia ini, perusahaan asal Finlandia ini dapat menyerukan pelarangan penjualan pada semua perangkat HTC di Jerman.

Perangkat HTC ini bisa ditarik dari toko ritel dan mencakup semua handset Android, termasuk seri One. HTC tengah berusaha mengumpulkan daya tarik konsumen untuk perangkat besutannya.

Larangan perangkat HTC di negara tersebut menjadi pukulan signifikan terhadap produsen asal Taiwan tersebut. Kabarnya, paten ini tidak hanya digunakan pada device HTC, tetapi semua handset Android.

Google juga dikabarkan sedang dalam pembicaraan dengan Nokia atas persyaratan lisensi. Detail mengenai seperti apa persetujuan Nokia dengan Google ini belum diketahui.

Nokia baru memfokuskan pada HTC untuk saat ini di Jerman dan juga negara lainnya seperti Inggris dan Amerika Serikat. Kemungkinan perusahaan juga dapat menarget produsen perangkat berbasis Android lainnya.

Sumber: Okezone.com

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: