Nokia Resmi Tutup Akses Developer ke Symbian & MeeGo

Jakarta – Sistem operasi Symbian yang dulu pernah menjadi nyawa Nokia, kini benar benar mati total. Demikian juga MeeGo, proyek OS Nokia yang digarap bersama Intel, mengikuti nasib malang Symbian.

Bersamaan dengan tahun baru 2014, Nokia secara resmi mengakhiri perjalanan dua OS tersebut, dengan menutup total akses para developer sehingga tidak bisa lagi mengubah aplikasi mereka atau mendaftarkan aplikasi baru.

“Kami resmi tutup. Terima kasih untuk tahun tahun yang sudah berlalu,” tulis tim Symbian Signed, yang selama ini menjadi suport seveloper Symbian. Dengan demikian, proses berakhirnya dukungan Nokia pada Symbian dan MeeGo sudah rampung. Kini, fokus sepenuhnya ditujukan untuk sistem operasi Windows Phone. Tidak akan ada lagi ponsel Nokia yang memakai Symbian atau MeeGo.

Nokia sendiri telah dibeli Microsoft senilai USD 7,2 miliar. Finalisasi proses akuisisi tersebut diharapkan rampung awal tahun ini.

Sumber: detikINET

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: