Opera Sedang Kembangkan Browser Opera Mini untuk Smartwatch

Jakarta – Fungsi dasar smartwatch sejatinya adalah untuk membantu pengguna mengecek notifikasi yang masuk tanpa harus meraih ponsel. Namun Opera ingin smartwatch berfungsi lebih jauh lagi dengan merilis browser Opera Mini khusus wearable gadget tersebut.

Tapi awalnya baru Samsung Gear S yang bisa menggunakannya. Masalahnya, dengan layarnya yang cuma sebesar 2 inch tentunya cukup sulit berinternet di Gear S. Namun Opera telah memikirkan hal itu dan menyediakan sejumlah solusi.

Contohnya adalah web-shortcut yang bisa tampil layaknya speed-dialer dengan ukuran ikon cukup besar. Sehingga pengguna dapat mudah mengaksesnya meski pada layar Gear S yang kecil. Kemudahan lainnya adalah dengan melakukan tap tiap kali ingin men-zoom suatu website.

Selain tap, pengguna juga bisa memperbesar tampilan website dengan cara mencubit layar. Sedangkan untuk perintah swipe berguna bila penguna ingin kembali ke halaman website sebelumnya.

Menariknya, pengguna juga bisa menyimpan website yang diaksesnya secara offline. Jadi sewaktu-waktu ingin mengaksesnya, pengguna tak perlu bergantung pada koneksi internet. Namun fitur ini tak istimewa karena sudah ada sejak lama.

Seperti dilansir The Next Web, Selasa (8/10/2014), adapun versi Opera Mini yang bisa diinstal adalah versi 7.5 dan sudah mulai bisa diinstal pada akhir bulan Oktober 2014 ini saat smartwatch ber-OS Tizen ini mulai dipasarkan.

Sayangnya belum ada informasi kapan Opera Mini versi smartwatch berbasis Android akan dirilis Opera. Padahal dibanding Tizen, smartwatch Android jauh lebih banyak di pasaran.

Sumber: detikINET

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: