Pemerintah Bahas Lagi Roadmap Broadband Se-Indonesia

Jakarta – Pemerintah tengah menyusun rencana induk jangka menengah-panjang pengembangan broadband di Indonesia. Diharapkan nantinya jaringan internet dan komunikasi lainnya akan masuk ke seluruh wilayah hingga ke pelosok desa.

Hal ini diungkapkan oleh Menko Perekonomian Chairul Tanjung usai rapat koordinasi di kantornya, Jakarta, Kamis (7/8/2014).

Rapat ini dihadiri oleh Menteri PPN/Kepala Bappenas Armida Alisjahbana, Menkominfo Tifatul Sembiring, dan Ketua Harian DeTIKnas Ilham Habibie.

“Indonesia diharapkan memiliki masterplan terkait pita lebar atau broadband. Ini penting bagi perkembangan ke depan,” kata CT, sapaan Chairul Tanjung.

Dalam persiapan perencanaan ini, harus diterbitkan Peraturan Presiden (Perpres) sebagai landasan hukum. Rencana ini akan dibicarakan kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono agar peraturan dapat diterbitkan sebelum pemerintahannya berakhir.

“Saya akan lapor ke presiden dan perpres bisa dibuat rencana broadband dalam industri telekomunikasi,” sebut CT.

Ilham Habibie menambahkan, dalam perencanaan tersebut akan tertuang soal infrastruktur hingga skema pembiayaan. Perencanaan akan dibuat bertahap sesuai dengan kebutuhannya.

“Perencanaan ini bagaimana menyambungkan dari backbone itu ke semua sekolah, puskesmas, dan sebagainya. Kemudian apakah pakai pita lebar, fiber optic, atau wireless,” tutur Ilham.

Ia menuturkan, teknologi informasi dan komunikasi sudah menjadi kebutuhan masyarakat. Menurut Ilham, ini adalah jenis infrastruktur yang menjadi landasan untuk infrastruktur lainnya.

Dari broadband, akan mencakup jaringan layanan data, internet, ‎telekomunikasi, ATM, dan lainnya. Sehingga seluruh masyarakat Indonesia akan menikmati jaringan tersebut.

“Semua orang menganggap ini mungkin bukan infrastruktur, karena cenderung disebut tol, bandara, jalan, jembatan, dan sebagainya. Tapi ini adalah infrastruktur. Semua sudah sadar, dan sekarang kita akan mulai,” papar Ilham

via detikINET

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: