Samsung Siapkan Chromebook dengan Exynoss Octa-core

Jakarta – Tidak hanya digunakan untuk mempersenjatai ponsel flagship besutannya, Samsung dilaporkan tengah menggarap notebook yang akan dipersenjatai menggunakan prosesor Exynos octa core miliknya.

Namun notebook garapan Samsung yang akan menggunakan prosesor Exynos 8 ‘otak’ ini bukanlah yang disiapkan untuk menjalankan Windows, melainkan Chrome OS atau yang lebih dikenal dengan sebutan Chromebook.

Informasi lain terkait Chromebook terbaru Samsung ini adalah penggunaan layar 12 inch dengan resolusi 2560×1600 pixel, RAM berukuran 3 GB, pilihan media penyimpanan sebesar 16 GB atau 32 GB, port USB 3.0, dan ketahanan baterai yang diklaim sanggup bertahan hingga 7 jam. Adapun bobotnya sendiri hanya sekitar 1 kg.

Memang tidak seperti notebook dengan sistem operasi Windows yang mengusung arsitektur X86, Chromebook yang menggunakan Chrome OS dioptimalkan untuk berjalan pada arsitektur ARM. Bisa jadi Itulah alasan dimungkinkannya penggunaan prosesor Exynos pada Chromebook terbaru Samsung.

Selain itu, bisa dibilang inilah notebook pertama Samsung yang seluruh jeroannya mengandalkan hardware garapannya sendiri.

Chromebook terbaru garapan Samsung tersebut disebutkan bakal diungkap pada event Consumer Electronics Show (CES) 2014 yang akan digelar bulan Januari mendatang.

Sumber: detikINET

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: