Xiaomi Jadi Pemimpin Pasar di China

Jakarta – Setelah menyalip Samsung, Xiaomi semakin memperjelas kehadirannya sebagai pendatang baru yang layak diperhitungkan. Meski terbilang anak baru, Xiaomi melesat menguasai pasar smartphone di kampung halamannya.

Data penjualan smartphone terbaru dari Kantar Worldpanel ComTech, selama tiga bulan hingga Juli 2014, Xiaomi masih terus memperlihatkan dominasinya di pasar China.

Seperti dikutip Cellular-news, Senin (8/9/2014), Xiaomi berada di urutan teratas selama empat bulan berturut-turut. Tepatnya, kini Xiaomi secara mencengangkan menguasai 31,6% pangsa pasar smartphone China, menyusul di belakangnya Samsung dan Huawei.

“Kita melihat pergantian kekuasaan yang besar di pasar smartphone China dalam beberapa tahun terakhir. Xiaomi menjadi yang paling menonjol dan Huawei masih memperlihatkan pertumbuhan yang bagus,” kata Strategic Insight Director firma analis Kantar Worldpanel ComTech Dominic Sunnebo.

Ditambahkannya, melihat kesuksesan dan pertumbuhan brand lokal China yang demikian signifikan, tinggal menunggu waktu saja hingga mereka memperluas pangsa pasarnya secara internasional. Sayangnya, pertumbuhan signifikan yang sama tak terlihat pada lokal brand China lainnya seperti ZTE, Lenovo dan Oppo.

Bulan lalu, perusahaan yang dijuluki sebagai Apple dari China ini tercatat berhasil mengapalkan 15 juta smartphone di China pada kuartal kedua 2014. Angka tersebut terdongkrak signifikan dari sebelumnya hanya 4,4 juta unit smartphone di periode yang sama atau meningkat hingga 240%.

Firma riset Canalys melaporkan, pencapaian ini sukses menyalip Samsung yang mengapalkan 13,2 juta smartphone. Samsung mengalami performa penjualan di China dari kuartal kedua 2013 lalu sebanyak 15,5 juta smartphone.

Sumber: detikINET

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: