Adobe Open Sourcekan Photoshop dengan Interface HTML5?

Mungkinkah Adobe benar-benar akan meng-opensource-kan Photoshop dengan Interface HTML5? Itulah pertanyaan saya ketika membaca berita di Arstechnica siang ini. Dikabarkan, Adobe baru saja mengumumkan produk eksperimental baru mereka, “Photoshop Design Space”.

Apa itu Photoshop Design Space? Menurut Arstechnica, PDS ini adalah interface khusus yang sedang dikembangkan oleh Adobe untuk desainer web dan desainer app. Adobe menyebutnya sebagai “companion experience” atau “pengalaman setara” dengan UI dari Photoshop, yang memang pada kenyataannya Adobe Photoshop Design Space ini sangat mirip dengan Photoshop meskipun lebih sederhana. Photoshop Design Space dibangun menggunakan teknologi HTML5 dan diopensourcekan di Github.

Sekedar gambaran saja, dengan Design Space kita bisa membuat layout UI dan UX dari beberapa template layar yang disediakan, misalnya template untuk iPhone 6, Android 1080p, Microsoft Surface 3 dll. Teknologi layering juga sudah ada disini. Hampir semua icon pada toolbar, sangat mirip dengan icon pada Photoshop.

Dalam benak saya, kemungkinan besar Adobe sedang ancang-ancang mentransformasikan produk-produknya dari teknologi lama menggunakan C++ itu ke teknologi baru, HTML5. Entah 5 atau 10 tahun lagi, siapa tahu seluruh Adobe Suite sudah menggunakan interface berbasis HTML5 dan bisa dijalankan lintas OS dan lintas platform???

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: