Gila, Penjualan Smartphone Capai 1 Milyar Unit

Mungkin bisa dibilang bisnis smartphone adalah yang paling seksi saat ini. Bayangkan saja, untuk tahun 2014 lalu, penjualan smartphone berhasil memecahkan rekor sebanyak 1 miliar unit!

Bahkan berhasil menembus angka 1,2 miliar unit. GFK yang merilis laporannya menyebut terjadi peningkatan sebanyak 23% dibanding tahun sebelumnya. Total penjualan tersebut diperoleh dari 90 lebih negara yang ada di dunia.

Peningkatan terbesar terjadi di wilayah Amerika Latin. Di wilayah tersebut terjadi peningkatan penjualan smartphone sebesar 59% dari yang tadinya sebanyak 68,7 juta unit terjual di tahun 2013, menjadi sebanyak 109,5 juta unit smartphone yang terjual.

Sedangkan di posisi kedua ditempati oleh wilayah Asia Pasific yang kebanyakan diisi oleh negara-negara berkembang seperti Indonesia, Malaysia, Thailand, Vietnam, Filipina, dan lain-lain. Di wilayah ini peningkatannya 55% dengan total penjualan sebanyak 149,9 juta unit smartphone.

Adapun penyumbang tingginya penjualan smartphone di tahun 2014 itu didominasi oleh ponsel-ponsel berharga terjangkau, terutama yang berada di kisaran harga USD 100 sampai USD 150. Sedangkan untuk smartphone yang harganya di atas USD 150, GFK menyebut porsinya terus tergerus.

Menariknya, seiring dengan permintaan smartphone murah yang meningkat, GFK juga menyebutkan harga ponsel entry level diprediksi akan semakin murah lagi pada tahun 2015 ini. Prediksi itu pun seakan sudah dimulai, karena beberapa produsen telah sejak lama menawarkan smartphone berspesifikasi lumayan dengan harga di bawah Rp 1 juta, misalnya ponsel Android One.

“Kami memprediksi region negara-negara berkembang akan mendorong pertumbuhan di tahun 2015 ini dengan smartphone terjangkau yang harganya makin murah lagi,” ujar Kevin Walsh, Direktur Analis GFK.

Disadur dari detikINET “Rekor! Penjualan Smartphone Tembus 1 Miliar Unit”

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: