Huawei Akan Gunakan Kirin OS Ke Depan, Meskipun Jadi Produsen Nexus

Kendati didapuk menjadi produsen baru gadget Nexus dari Google, Huawei diam-diam masih tetap mengembangkan OS buatannya sendiri “Kirin OS”.

Hal ini diungkap oleh Gizmo China dari salah satu sumber rahasia mereka. Kirin OS akan menjadi sistem operasi default bagi beberapa produk huawei di masa depan. OS ini sudah dikembangkan lebih dari 3 tahun di laboratorium R&D Huawei.

Sepertinya Huawei sedang mengikuti jejak Samsung yang memproduksi sendiri SoC (system-on-chip) mereka (yaitu Exynos) kemudian mengembangkan sendiri OS (yaitu Tizen) untuk berjaga-jaga kalau ada perubahan strategi bisnis yang dilakukan oleh Google selaku pemilik platform Android.

Kita lihat saja, apakah Gizmo China benar? dan langkah Huawei ini benar? karena tidak hanya mengembangkan OS saja, mereka harus mengembangkan ekosistem bisnis apps dan services di OS baru mereka. Dan itu adalah hal yang sangat amat sulit, lihat Samsung, OS Tizen mereka masih kalah jauh dibanding Android dari segi bisnis (bahkan dibanding dengan FirefoxOS).

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: