Inilah 6 StartUp Pemenang Program Akselerasi di SXSW 2015

Kompetisi akselerator startup South by Southwest (SXSW) 2015 yang diselenggarakan oleh Oracle di Austin, Texas, AS, telah diselenggarakan pada 14-15 Maret lalu.

Sebanyak 48 startup dari seluruh dunia berpartisipasi dan mengedpankan produk masing-masing di depan audiens dan panel juri yang mencakup investor, enrepreneur, dan tokoh berpengaruh di industri.

Tahun ini enam perusahaan rintisan digital terpilih sebagai startup terbaik di enam kategori yang mencakup  Enterprise and Smart Data,  Entertainment and Content, Digital Health and Life Sciences Technology, Innovative World Technology, Social Technology, serta Wearable Device.

Jenis bidang bisnis para pemenang pun beragam, mulai dari telepon berbentuk jam tangan untuk anak sampai metode pengobatan penyakit telinga dengan musik yang mengalun lewat aplikasi.

Apa saja yang dikedepankan oleh keenam startup unggulan di SXSW 2015? Berikut penjabaran singkatnya.

1. Kategori Enterprise and SmartData: Partpic

Partpic adalah layanan online asal Atlanta, AS, yang menyediakan jasa pencariansparepart berbasis teknologi visual. Pengguna cukup memotret suku cadang yang dimaksud dengan kamera ponsel untuk mencari keterangan dan tempat membelinya.

2. Kategori Digital health and Life Sciences Technologies: Tinnitracks

Tinnitracks adalah startup asal Hamburg, Jerman, yang bergerak di bidang penanganan penyakit pendengaran telinga berdenging (tinnitus). Perusahaan rintisan ini menyediakan terapi berbasis musik yang dijalankan lewat aplikasi smartphone.

3. Kategori Innovative World Technologies: SlantRange

SlantRange menyediakan jasa airborne remote sensing untuk keperluan pertanian. Menggunakan sensor khusus yang dipasang di wahana terbang, SlantRange dengan cepat mengumpulkan data terkait kondisi tanaman.

4. Kategori Wearable Technologies: Tinitell

Tinitell membuat produk wearable device berupa telepon yang dikenakan di pergelangan tangan anak. Melalui aplikasi mobile, para orangtua bisa memantau posisi anak yang mengenakan Tinitell karena perangkat itu turut dibekali GPS.

5. Kategori Entertainment and Content Technologies: Zype

Zype adalah perusahaan teknologi video berbasis cloud yang memungkinkan pemilik konten untuk mengatur aneka tujuan streaming video secara direct-to-consumer.

6. Kategori Social Technologies: RealSavvy

RealSavvy bergerak di bidang real estate, tepatnya pencarian rumah yang dijual secara online. RealSavvy mengandalkan komunitas untuk mencari dan mengkategorikan properti berdasarkan sejumlah aspek seperti lokasi, harga, dan gaya desain sehingga mudah dicocokkan dengan selera pengguna lain.

Sumber: Kompas

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: