Kacamata VR Samsung Dijual Retail Senilai 2,5 Juta Rupiah?

Jakarta – Ingat Gear VR? Ya, perangkat ini adalah kacamata virtual reality (VR) buatan Samsung yang mampu bikin pengguna bisa merasakan lingkungan virtual terasa realistis. Bila seringnya cuma dipamerkan, kini perangkat yang ada campur tangan Oculus itu mulai masuk toko.

Seperti diketahui, Oculus adalah perusahaan yang khusus mengembangkan perangkat VR berbentuk kacamata. Perangkat besutannya yang paling popular adalah Oculus Rift. Sayangnya hingga saat ini kacamata VR besutannya itu belum juga dipasarkan.

Nah, saat peluncuran Galaxy Note 4, Samsung secara mengejutkan juga merilis Gear VR. Perangkat ini punya fungsi yang sama persis dengan Oculus Rift. Samsung sendiri mengaku Gear VR adalah hasil garapannya dengan Oculus.

Tapi tak seperti Oculus Rift yang punya lensa sendiri yang sekaligus berfungsi sebagai layar, di Gear VR pengguna diharuskan menyelipkan ponsel yang akan berfungsi sebagai layarnya. Jadi sama seperti pada cardboard yang merupakan headset VR berbahan kardus buatan Google. Namun tentu ponsel yang bisa digunakan tipenya dibatasi, salah satunya adalah Galaxy Note 4.

Kini, kacamata VR Samsung sudah mulai dipajang di toko. Sayangnya masih sebatas di wilayah Amerika Serikat, itupun terbatas di gerai BestBuy yang lagi-lagi juga tak semua tokonya. Harganya lumayan terjangkau, meski juga tak murah-murah amat.

Kalau kacamata VR Oculus Rift edisi developer sekarang masih dihargai di kisaran USD 10 ribu, maka banderol Gear VR dipastikan sangat jauh lebih murah yakni dibanderol senilai USD 200 atau sekitar Rp 2,5 juta. Sesuai dengan pengumuman Samsung.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: