Menkominfo Resmikan Sistem Perizikan Frekuensi Machine to Machine

Akhirnya secara resmi Menkominfo, Rudiantara, meresmikan sistem perizinan penggunaan frekuensi radio yang berbasis machine to machine (M2M) di Indonesia secara terintegrasi pada acara di kantor Pusat Pelayanan Terpadu Ditjen Sumber Daya Perangkat Pos Informatika.

Dalam paparannya, Menkominfo membeberkan sejumlah alasan dibalik keputusannya. Keputusannya untuk mengembangkan sistem perizinan penggunaan frekuensi radio berbasis M2M dikarenakan semakin meningkatnya kebutuhan dan pemegang izin pengguna spektrum frekuensi radio yang membutuhkan percepatan, akurasi, dan efisiensi dalam penanganan proses perizinan frekuensi radio.

Sebelum menggunakan sistem ini, pada pengguna frekuensi M2M ini harus melakukan proses perizinan secara offline dengan loket-loket yang tersedia, maupun online lewat sistem informasi yang disediakan. Dengan sistem ini, para pengguna frekuensi M2M yang sudah mampu mengembangkan teknologinya, bisa membuat format pertukaran data dalam bentuk XML terstandarisasi yang akan langsung diproses oleh Ditjen SDPPI.

Semoga dengan adanya sistem ini, proses perijinannya bisa lebih cepat dan efisien. Bisa dicontoh ditempat lain tuh!

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: