Pemerintah Mewacanakan Untuk Menghentikan Ponsel 2G GSM

JAKARTA – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mewacanakan akan segera menghentikan jaringan telekomunikasi berbasis lawas 2G. Bahkan, menurut Dirjen Sumber Daya Perangkat Pos dan Informatika, Muhammad Budi Setiawan bahwa penghentian sekaligus pelarangan izin penjualan handphone 2G only. Dengan demikian, pengguna sudah bisa beralih ke ponsel dengan jaringan baru 3G atau 4G.

Menanggapi itu, pengamat telekomunikasi Indonesia Heru Sutadi berpendapat, sudah saatnya pengguna beralih ke jaringan terbaru. Namun demikian, perlu ada informasi dari pemerintah ke pengguna, sehingga masyarakat tahu manfaat dilakukannya imigrasi jaringan.

“Upaya pemerintah Indonesia memang bukan yang pertama, karena beberapa negara lain sudah melakukan evolusi perangkat dan jaringan tersebut. Tentukan roadmap-nya dan berikan edukasi kepada semua pihak mengenai manfaat dari perpindahan tersebut,” jelas Heru Sutadi, Senin (11/5/2015).

Indonesia kata Heru, merupakan negara yang unik, karena pengguna ponsel 2G masih lebih banyak ketimbang 3G maupun 4G. Banyak penyebabnya, seperti tidak tahu manfaat dan tidak suka.

“Pemerintah harus berikan informasi, misal 2017 jaringan 2G akan di shutdown, lakukan edukasi dengan penjelasan mana frekuensi yang digunakan dan manfaatnya. Serta mana ponsel yang bisa akses internet dan jaringannya apa,” ungkap Rudi.

Rudi juga meyakini, sebenarnya jumlah ponsel 2G tidak mencapai 70 persen seperti banyak yang diperkirakan oleh banyak pihak.”Pengamatan saya, pengguna ponsel 2G di Indonesia sebenarnya hanya mencapai 50-60 persen saja, tidak sampai 70 persen atau lebih,” jelasnya.

Sumber: Okezone

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: