Pengalaman Belanja Online di AliExpress.com

AliExpress.com adalah salah satu divisi dari situs e-Commerce raksasa asal China, AliBaba Group. AliExpress.com diluncurkan pada tahun 2010 untuk mewadahi pengusaha retail kelas menengah ke bawah di China untuk berkompetisi dan melayani pasar Internasional.

Jika di Indonesia, anda menemui sejumlah platform e-commerce yang mirip seperti BukaLapak, TokoPedia, dll. Pembeli secara umum diproteksi oleh penyedia jasa karena pembayaran ditujukan pada rekening yang dikelola oleh vendor, dan uang hanya akan sampai pada penjual jika pembeli sudah menerima barang yang dimaksud tanpa ada cacat.

Pada tulisan ini saya hanya ingin sharing sekitar pengalaman berbelanja di AliExpress.com.

Alkisah, laptop Macbook Pro saya bongkrek karena terkadang tidak bisa mendeteksi harddisk yang tersemat didalamnya. Usut punya usut, sudah banyak kasus sama yang dialami para pengguna Macbook di seluruh dunia. Alternatif satu-satunya adalah mengganti komponen yang dimaksud. Rata-rata menunjuk pada kabel harddrive Macbook yang rewel.

Semula saya akan membelinya dari vendor lokal saja, jika ada. Ternyata ada, namun tidak original, bekas pakai dan harganya sekitar 700-900 ribu rupiah. Sementara mbah Google menawari saya link-link di AliExpress dengan barang-barang yang mempunyai spec yang sama dengan yang saya cari.

Akhirnya, dengan keberanian saya membeli langsung dari AliExpress.com yang terkenal dengan fitur FREE SHIPPING dari China ke Indonesia ini. Harganya sekitar 21 dollar tanpa ongkos kirim (heuheu), jauh sekali dibanding harga barang bekas yang beredar disini 🙁

aliexpress

Pembayaran

Untuk pembayaran, saya menggunakan VCN Bank BNI. Ya, cara simple dan cukup aman untuk bertransaksi dengan kartu kredit virtual. Tips umumnya, selalu lebihi 15 dollar dari saldo VCN yang anda request. Jika harga barang, 21 dollar, maka requestlah VCN BNI dengan nominal minimal 21 + 15 = 36 dollar. Kenapa 15 dollar? karena pada umumnya, saat vendor melakukan pengecekan, mereka terkadang meminta saldo kartu setidaknya tersisa 10 dollar.

Jangan khawatir, 15 dollar kelebihan itu tidak akan ikut terbawa ke vendor. Seperti biasa, BNI hanya akan memotong sejumlah nilai yang dipotong oleh vendor saja. Jadi, dalam kasus saya rekening saya hanya akan dipotong senilai 21 dollar saja.

Pengiriman

Pengiriman dilakukan lewat China Post (semacam PT Pos nya China). Jadi jangan terlalu berharap barang kita bisa datang 1-4 hari seperti jasa kurir e-commerce Indonesia. Biasanya, lama pengiriman antara 15-35 hari. Yang bikin lama, bukan dari penjual ke China Post, tapi justru dari China Post ke PT Pos Indonesia.

Seperti kita tahu, semua barang yang datang dari luar negeri harus sepengetahuan Bea Cukai. Jika barang yang kita pesan termasuk barang-barang yang kena bea dan cukai, maka kita wajib mengganti biaya yang dibutuhkan. Biasanya, untuk barang berukuran besar dan berpotensi disemati barang lain, Bea Cukai akan membuka kardus barang tersebut dan merapikannya lagi jika tidak menemukan barang mencurigakan. Nah, biasa bongkar dan pasang kardus ini kita yang tanggung.

Pengalaman saya, tidak lebih dari 10.000 rupiah.

Tips Lain

Ada tips lain seputar AliExpress yang ingin saya bagi. Yang pertama, silakan ubah tampilan default AliExpress dari bahasa Indonesia yang tidak karuan itu ke bahasa Inggris. Sepertinya AliExpress menggunakan modul i18n yang wagu membahasakan bahasa Inggris.

Yang kedua, selalu search barang anda terlebih dulu. Urutkan dari yang termurah dengan fasilitas FREE SHIPPING (tanpa ongkir).

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

4 Responses

  1. Arif says:

    Mohon share, sy belanja di aliexpress dengan dilakukan cancel sepihak . Padahal kenyataannya barang sudah saya bayar dan tinggal menunggu barang datang (15 sampai dengan 39 hari kerja) . Gimana ya kontak ke aliexpressnya?

    • Ifhtul Emka says:

      biasanya langsung jadi saldo di Aliexpress mas Arif.

    • Ifhtul Emka says:

      oh, barusan saya mendapat refund dari transaksi yg saya dispute/batalkan. dananya masuk ke rekening Dokuwallet. mungkin kalau mas arip bayar dg kartu kredit, dananya masuk jd debit di kartu

  2. rosihan adhitama says:

    Saya beli barang di Aliexpress ko pas bayar pke VCN BNI, kepotongnya selalu lebih sekitar 1 dolar ya, gk sesuai harga yg tertera

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: