Perbedaan Istilah UHD (Ultra High Definition) dan SUHD (Superior Ultra High Definition)

Rasanya baru kemarin beredar berita rilis sejumlah perusahan yang mulai memasarkan televisi dan monitor dengan resolusi UHD, Ultra High Definition. Kini sudah muncul lagi satu jargon baru, SUHD, Superior Ultra High Definition.

Adalah Samsung yang pertama kali memperkenalkan teknologi SUHD ini. Sebenarnya, SUHD bukanlah resolusi yang lebih tinggi dari UHD, malah lebih rendah dari UHD loh.

Samsung mengklaim teknologi SUHD yang mereka kembangkan malah melebihi kualitas teknologi UHD yang beredar sekarang ini. Menurut mereka, resolusi 4K dari SUHD bisa menyamai hasil kualitas gambar dari UHD 8K. Benarkah?

Dikembangkan dari Nano Crystal

SUHD dari Samsung ini dikembangkan menggunakan teknologi Nano Crystal. Dengan teknologi tersebut, SUHD mampu menghasilkan warna gamut 20% lebih lebar dan makin akurat dari teknologi lain.

Product Marketing TV Samsung Indonesia, Ubay Bayanudin dalam wawancaranya dengan detikINET menyampaikan bahwa dengan penggunaan panel 10 bit bisa membuat detail warna pada SUHD menjadi 64 kali lebih baik dibanding UHD biasa. Selain itu, SUHD juga diperkaya dengan algoritma baru, yaitu Color Mapping yang lebih akurat 2 kali lipat dari sebelumnya.

SUHD diklaim oleh Samsung bisa 2,5 kali lebih baik dari UHD konvensional, baik saat scene cerah maupun gelap.

Keren yah…

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: