Samsung Masih Rajai Pasar Ponsel Kuartal 1 2015

Jakarta – Ponsel Samsung kembali mencatatkan diri sebagai vendor ponsel pintar terbesar dunia pada kuartal I 2015. Vendor asal Korea Selatan itu mencatatkan pangsa pasar sebesar 24 persen di seluruh dunia, mengungguli Apple di posisi kedua yang memiliki market share sebesar 15 persen.

Riset Strategy Analytics menyebutkan pengiriman ponsel pintar pada kuartal I 2015 tumbuh 21 persen atau mencapai 345 juta unit. Samsung tercatat mampu mengirimkan 83,2 juta unit ponsel pintar ke seluruh dunia dan mencaplok 24 persen pangsa pasar global.

Namun, Samsung menghadapi tantangan persaingan serius di pasar Asia dan lainnya karena Apple pada kuartal IV/2014 pernah menduduki posisi pertama berdasarkan volume pengiriman.

“Apple mengirimkan 61,2 juta unit ponsel dan memiliki pangsa pasar sebesar 18 persen pada kuartal I 2015, naik dari 15 persen pada periode yang sama tahun lalu,” tulis riset Strategy Analytics yang dipublikasikan Rabu, 29 April 2015.

Strategy Analytics menyebutkan ponsel anyar Apple iPhone 6 dan 6 Plus sangat populer di pasar Cina dan global karena konsumen beralih untuk memiliki ponsel dengan layar lebih lebar.

Adapun, di posisi ketiga ditempati oleh Lenovo yang memiliki 5 persen pangsa pasar berkat kinerja pengiriman ponsel yang mencapai 18,8 juta pada kuartal I 2015.

Sumber: Tempo

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: