Selamat Ulang Tahun NOKIA ke 150!

Selamat Ulang tahun NOKIA ke 150! Saya termasuk salah satu pengguna produk Nokia, kendati sekarang sudah tidak lagi.

Perjalanan bisnis Nokia dimulai 150 tahun yang lalu, tepatnya tanggal 12 Mei 1865. Adalah om Fredrik Idestam yang membuat perusahaan pulp kertasnya untuk pertama kali di Temmerkoski Rapids Southwester Finland.

Dari semula perusahaan pengolahan pulp kertas, Nokia berkembang menjadi perusahaan multinasional dengan bidang usaha yang bergeser sangat jauh dan kini berada dibidang teknologi informasi dan komunikasi.

Nama Nokia sendiri diambil oleh Fredrik Idestam dari nama sungai yang mengalir didekat pabrik kedua mereka, yaitu sungai Nokianvirta. Nama resmi Nokia pada awalnya adalah Nokia Ab tahun 1871.

Tahun 1970an, Nokia memulai bisnis-bisnis dengan berbagai bidang. Hanya satu bidang saja yang tekait dengan TIK. Nokia pada saat itu mempunyai bidang bisnis karet, kabel, kehutanan, elektronika dan pembangkit listrik.

Kisah Lahirnya Ponsel GSM Pertama Nokia

Nokia mulai menjajal masuk ke pasar perangkat telekomunikasi pada akhir tahun 1960 dengan membentuk sebuah departemen khusus. Butuh setidaknya 30 tahun menanti dan mengembangkan bisnis tersebut hingga pada tahun 1991, mereka berhasil membuat ponsel GSM pertama yang dibuat oleh perusahaan asal Finlandia.

ponsel-nokiaTahun 1990an itulah, Nokia mulai membuat bisnis telekomunikasi sebagai core bisnis-nya. Dan keseriusan itu membuahkan hasil karena pada tahun 1998, Nokia menjadi raja dipasar ponsel.

Tahun 2006, Nokia membuat tonggak sejarah baru dengan mengakuisisi Gate5 dan NAVTEQ, dua perusahaan yang mempunyai spesialisasi di bidang teknologi pemetaan. Setelah 6 tahun proses R&D, pada tahun 2012 Nokia meluncurkan layanan peta dengan nama HERE untuk bersaing dengan solusi yang sudah ada seperti Google Maps.

Pada tahun 2011, Nokia mulai meninggalkan sistem operasi yang dikembangkannya sendiri, Symbian OS. Mereka mulai menjadi sekutu bisnis Microsoft dengan menjadi salah satu vendor terkemuka yang membuat ponsel Windows. Divisi Perangkat dan Layanan Nokia pun akhirnya dijual ke Microsoft termasuk beberapa merknya, seperti Lumia.

Kini Nokia hanya berkonsentrasi dibidang-bidang yang mampu menghidupi mereka, seperti Nokia Networks yang memasok sejumlah perangkat telco didunia, Nokia HERE dan Nokia Technologies.

Nokia juga meluncurkan tablet berbasis Android dan launcher android khusus.

Sekali lagi, selamat ulang tahun Nokia ke 150!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: