Android Kitkat Bisa Dibajak Lewat “Bug” Mediatek

                            Lubang keamanan ditemukan dalam software pembuat chipset MediaTek yang berjalan di Android 4.4 KitKat. Lubang keamanan alias bug itu bisa dimanfaatkan peretas untuk mendapatkan akses root perangkat Android, membajak ponsel, dan memata-matai komunikasi pengguna.

Dikutip KompasTekno dari Android Authority, Senin (1/2/2016), MediaTek mengetahui adanya celah keamanan dalam software miliknya itu, dan mengatakan sedang berusaha memperbaikinya.

Menurut pernyataan MediaTek, bug muncul karena pabrikan ponsel tidak mengikuti instruksi yang diberikan oleh perusahaan, yaitu mematikan fitur debug sebelum mengirim smartphone ke pasar.

Bug tersebut pertama kali ditemukan oleh peneliti Justin Case awal bulan Januari lalu, dan kini telah dikonfirmasi oleh MediaTek.

Sayangnya, MediaTek tidak menyebutkan pabrikan mana yang melanggar protokol yang telah ditetapkan MediaTek, sehingga pengguna tidak tahu ponsel Android mana yang rawan terhadap ancaman ini.

Walau banyak ponsel Andorid yang menjalankan sistem operasi Android 4.4 KitKat di pasaran, MediaTek menolak untuk mengungkap berapa jumlah ponsel yang terkena imbas bug itu.

Sumber: KOMPAS Tekno

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: