Apple Jual Kacamata Virtual Reality untuk iPhone

                             Apple diam-diam menjual kacamata virtual reality sederhana bernama Virtual Reality (VR) Viewer buatan View-Master. Perangkat tersebut hanya dijual di toko online Apple dengan harga 30 dollar AS atau sekitar Rp 405.000.Perangkat VR buatan View-Master ini sendiri memiliki kegunaan yang tidak jauh berbeda dengan Cardboard, kacamata VR buatan Google.

Secara garis besar, sebagaimana KompasTekno rangkum dari The Verge, Rabu (10/2/2016), pengguna nantinya bisa memasangkan iPhone ke dalam VR Viewer dan mulai menikmati tampilan VR menggunakan aplikasi tertentu. iPhone yang dipasangkan di View-Master berfungsi sebagai layar dan mesin VR.

Sebagai contoh, ketika menjalankan aplikasi video 360 derajat, pengguna dapat melihat dunia sekitar video tersebut hanya dengan menggerakkan kepala ke berbagai arah.

Masih sama dengan Cardboard, View-Master VR Viewer tidak dilengkapi dengan tali penahan kepala. Pengguna harus menggunakan tangan untuk menggunakan perangkat tersebut.

Satu hal yang membedakan View-Master VR Viewer dan Cardboard adalah material yang dipakai untuk membuat casing kacamata. Cardboard terbuat dari kardus, sementara View-Master VR Viewer memakai bahan plastik.

Apple kabarnya memang telah mulai menggarap segmen Virtual Reality secara serius dan sedang menyiapkan headset VR buatan sendiri. Sejumlah perusahaan dan pakar VR ikut diakuisisi untuk menyokong calon bisnis baru Apple ini.

Sumber: KOMPAS Tekno

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: