Begini… Agar Nonton Film di Ponsel sama Puasnya dengan di Bioskop!

                             Kehadiran layanan streaming Netflix benar-benar mengubur kisah lama film rol. Sosok Nicholas Saputra sebagai pengantar rol film, seperti dikisahkan film "Janji Joni" pun seolah lenyap dari sejarah tontonan layar lebar.

Betul, menonton film berkualitas kini memang tak lagi serepot pada masa lalu. Bioskop sudah berteknologi digital. Kalaupun tak sempat ke bioskop, beragam media tayang bisa menyediakan kualitas serupa, termasuk telepon genggam. Melalui layanan jaringan Netflix para penggemar film box office dapat berlangganan layaknya tv berbayar. Cukup bayar dimuka, Anda dapat memilih beragam judul film setiap waktu. Jadi, siapapun tak perlu bolak balik ke bioskop untuk mengisi waktu luangnya dengan menonton film. 
Meski sejak awal 2016 lalu telah hadir di Indonesia, aplikasi streaming berbayar ini masih sulit untuk dinikmati oleh para pengguna gadget di tanah air. Selain koneksinya tidak stabil, isi konten dari layanan streaming masih dipermasalahkan. 
Seperti dikutip dari KompasTekno awal Januari 2016 lalu, Menkominfo Rudiantara meminta pihak penyedia layanan streaming untuk memiliki izin sebagai penyelenggara penyedia konten.
Namun, apakah semua ponsel bisa menayangkan kualitas maksimal dari beragam jenis film yang disediakan layanan Netflix? Untuk itu, butuh perangkat telepon genggam, seperti Oppo R7s bisa jadi pilihan saat menikmati tayangan berkualitas full high devinition (HD).
Meski begitu, ada sejumlah tips untuk memastikan menonton film di jaringan Netflix lewat ponsel pintar sama puasnya dengan di bioskop. Apa saja?

Doc. OPPO Gunakan ponsel serba guna dengan kemampuan serba cepatLayar        
Untuk urusan menonton film, layar mutlak menjadi kebutuhan utama. Tak melulu berukuran lebar, soal kecerahan dan ketajaman pada layar ponsel juga merupakan prioritas pertama.

Meski begitu, ada baiknya Anda memilih layar berukuran 5,5 inci. Selain tidak terlalu lebar ataupun kecil, ponsel berukuran seperti ini juga nyaman ketika digenggam.
Tak hanya itu, pastikan layar ponsel didukung teknologi active matrix organic light emitting diode (Amoled). Dalam urusan kualitas, layar Amoled mampu meningkatkan kecerahan dan ketajaman lebih baik, bahkan lebih hemat energi.
Jaringan 4G 
Ketersediaan jaringan 4G long term evolution (LTE), baik pada perangkat telepon genggam atau lokasi, menjadi faktor penentu lancarnya tayangan film tersebut. Di Indonesia, jaringan 4G LTE telah tersedia di beberapa wilayah sehingga tak perlu khawatir. 
Setidaknya, saat ini telepon genggam sudah mendukung frekuensi 1.800 MHz. Pasalnya, jika memanfaatkan jaringan 4G, kecepatan aksesnya pun mencapai 72 megabite per detik. Untuk itu, perangkat berbasis 4G akan memberikan pengaruh cepat-lambatnya saat menonton film via ponsel.

Dok. Oppo Fitur pengisian cepat pada ponsel membuat aktivitas makin flesksibel tanpa khawatir lowbatt Baterai dan charger
Baterai berkapasitas 3.070 mAh sudah mampu menyediakan daya ponsel untuk standby seharian. Meski dengan bejibun aktivitas, ponsel berdaya besar cukup menunjang ketika menonton film hingga berjam-jam.
Apalagi didukung dengan fitur pengisian daya cepat, mengisi daya saat baterai habis semakin praktis. Hanya butuh waktu 30 menit, baterai ponsel sudah terisi hingga 75 persen. Karena itu, teknologi voltage open loop multi-step constant-current charging  (VOOC) cukup membantu siapapun saat ponsel mati secara tiba-tiba. 
Perangkat eksternal
Untuk menyempurnakan pengalaman menonton film via telepon genggam, perangkat eksternal, seperti pengeras suara, sangat dibutuhkan. Anda bisa memanfaatkan bluetooth 4.0 agar secara otomatis terhubung. Suara dari aksi para aktor pun lebih terdengar, baik menggunakan speaker portabel ataupun earphone. Pengalaman menonton film di mana pun lokasinya tidak lagi jadi masalah. 

Sumber: KOMPAS Tekno

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: