Begini Cara Mengatasi Bug “1 Januari 1970” Pembunuh iPhone

                             Sebuah celah keamanan mematikan ditemukan di perangkat iOS, termasuk iPhone, iPad, dan iPod Touch. Bug ini dilaporkan membuat perangkat-perangkat buatan Apple hang saat booting sehingga tidak bisa dipakai sama sekali (bricked).Pemicunya adalah perubahan tanggal perangkat menjadi 1 Januari 1970. Parahnya, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Ars Technica, Senin (15/2/2016), masalah tersebut tidak bisa diperbaiki dengan masuk ke mode DFU atau bahkan re-flashing OS sekalipun. 

Tapi ternyata ada cara sederhana untuk menyembuhkan perangkat yang terlanjur kena dampak bug. Pengguna cukup menyalakan dan menunggu iPhone, iPad, atau iPod Touch kehabisan baterai.

Setelah itu, biasanya sistem operasi akan langsung me-reset tanggal sehingga tak lagi mandek di “1 Januari 1970”. Langkah-langkah selengkapnya bisa disimak dalam video di bawah.

Memang, cara ini membutuhkan waktu yang relatif lama. Pemilik bisa bengong berhari-hari menunggu perangkatnya kehabisan baterai.

Buat yang tidak sabar, ada satu jalan pintas, yakni dengan mencabut baterai. Hal ini juga akan memaksa sistem untuk me-reset tanggal.

Perlu ditambahkan bahwa perangkat Apple memiliki baterai yang terintegrasi. Pencabutan baterai akan menghanguskan garansi dan perlu dilakukan oleh teknisi yang benar-benar paham cara melakukannya.

Penyebab bug

Bug di atas hanya terjadi pada perangkat genggam Apple yang menggunakan chipset 64-bit, yakni iPhone 5S, iPad Air, iPad Mini, iPod Touch 2015, dan yang lebih baru.

Tak jelas apa yang menyebabkanya. Namun, ada dugaan bahwa bug terjadi karena 1 Januari 1970 adalah hari pertama dalam sistem pengaturan waktu platform Unix yang menjadi basis sistem operasi iOS.

Sistem Unix melacak pergerakan waktu berdasarkan detik-detik yang berlalu setelah hari pertama itu.

Sementara itu, pengaturan tanggal ke 1 Januari 1970 sama saja membuat patokan waktu dalam perangkat kembali ke angka nol. Entah mengapa ini menjadi masalah serius di gadget Apple. 

Sumber: KOMPAS Tekno

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: