Boeing Hadirkan Kabin Pesawatnya ke Dunia Virtual

                            SINGAPURA,  Boeing memamerkan desain interior berbagai pesawat terbarunya di ajang Singapore Airshow 2016, seperti B787 Dreamliner, Jumbo Jet B747-8 Intercontinental, dan yang terbaru adalah B777X. Namun demi alasan menghemat tempat, kabin-kabin pesawat tersebut dimasukkan ke dalam dunia virtual (virtual reality). Ya, pengunjung bisa menjelajah kabin pesawat-pesawat tersebut dengan menggunakan perangkat Samsung Gear VR.

“Aplikasi ini dikembangkan Boeing bersama dengan rekanan kami,” ujar Kati Belden dari Boeing saat ditemui KompasTekno di booth Boeing, Rabu (17/2/2016).

Ada beberapa bagian kabin yang bisa dijelajah. Dengan sentuhan jari, pengunjung bisa melihat desain kabin berbagai kelas, seperti Firts Class, Business, Economy serta ruangan kokpit pesawat.

Reska K. Nistanto/ Pengunjung mencoba peranti Gear VR untuk menjelajah kabin pesawat Boeing.Pengalaman KompasTekno, hanya pemandangan kokpit B777X saja yang tidak ditampilkan oleh Boeing, karena saat ini pesawat tersebut masih dalam tahap pengembangan.

“Masih rahasia,” ujar Belden saat ditanya alasannya.

Karena disajikan dalam virtual reality, tentunya pengunjung bisa menikmati pemandangan 360 derajat, seolah sedang berada di dalam kabin dan kokpit pesawat Boeing.

“Kami bertujuan mengenalkan fitur-fitur yang dimiliki oleh pesawat buatan Boeing, selain juga menghemat tempat, kami kan tidak bisa membawa semuanya ke sini,” kata Belden.

Sayangnya, konten VR yang dibuat oleh Boeing ini tidak tersedia di toko aplikasi VR Samsung. Kalau disediakan, mungkin Boeing khawatir setiap ajang pameran dirgantara akan menjadi sepi, sebab pengunjung lebih memilih membuka virtual reality.

Sumber: KOMPAS Tekno

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: