Bolt: Kami Tak Akan Blokir Netflix

                            JAKARTA,  Chief Executive Officer PT Internux (Bolt) Dicky Moechtar menegaskan bahwa pihaknya tidak akan memblokir Netflix dari layanan internetnya. Kecuali, jika sudah ada permintaan resmi dari pemerintah."Kami tidak akan blokir Netflix. Sementara ini kan belum ada aturan untuk itu, tapi kalau nanti sudah ada dari pemerintah ya kita akan comply," ujarnya saat ditemui KompasTekno di sela-sela acara media gathering di Jakarta, Rabu (3/2/2016).

“Dari FirstMedia, juga tidak akan memblokir kecuali kalau pemerintah sudah melarang,” imbuh pria yang juga menjabat Director of Corporate Sales First Media itu.

Menurut Dicky, keberadaan Netflix justru berdampak positif bagi Bolt karena mampu mendorong peningkatan konsumsi data. Apalagi jika konten yang ditayangkan memiliki resolusi high definition (HD).

Dia pun berharap layanan asal Amerika Serikat itu bisa tetap ada di Indonesia dan benar-benar mengikuti aturan pemerintah dengan membentuk badan hukum tetap.

“Ada kenaikan traffic dari Netflix, kurang lebih 10 persen. Meskipun sebenarnya paling banyak masih dari YouTube,” terangnya.

Konsumsi data pun otomatis meningkat jika mereka melakukan streaming video, baik melalui Netflix atau YouTube.

Film resolusi HD di Netflix dengan meminta kecepatan 8 Mbps konsumsi datanya bisa mencapai hitungan GB per jam. Konsumsi data itu masih bisa membengkak bila pengguna memilih resolusi 4K yang meminta kecepatan 25 Mbps.

“Kalau dari YouTube biasanya di kisaran 700-an MB saja,” pungkasnya.

Tentunya, semakin tinggi tingkat konsumsi data, maka frekuensi pembelian paket data baru juga bisa saja meningkat.

Sekadar diketahui, Netflix baru masuk ke Indonesia awal Januari ini dan sempat jadi perdebatan karena diblokir oleh salah satu operator Tanah Air. Alasan pemblokiran tersebut karena Netflix belum mengikuti aturan dari pemerintah.

Sumber: KOMPAS Tekno

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: