Bos Xiaomi Bandingkan “Dahi” Mi5 dengan iPhone 6S dan Galaxy S7

                            BARCELONA,  Dalam acara peluncuran Xiaomi Mi5 yang berlangsung di Barcelona, Spanyol, Rabu (24/2/2016), Vice President Global Xiaomi Hugo Barra mengungkapkan bahwa perangkat flagship tersebut memakan waktu pengembangan sepanjang 2 tahun.Menurut Barra, periode yang terbilang cukup lama tersebut diperlukan pihaknya untuk memastikan Mi5 benar-benar sesuai dengan harapan Xiaomi. Ada sejumlah tantangan besar yang mesti ditaklukan untuk mencapai tujuan tersebut.

Salah satu tantangan tersulit yang membuat para insinyur Xiaomi putar otak terkait dengan persoalan desain, di mana Xiaomi menginginkan agar tombol pemindai sidik jari bisa ditempatkan di lokasi yang “ideal” menurut pabrikan asal China itu.

Untuk menjelAskan hal ini, Barra menampilkan gambar dua smartphone teranyar dari dua merek smartphone terkenal, yakni iPhone 6S dan Samsung Galaxy S7.

“Kalau kita lihat, bentuk pemindai sidik jari yang buat pada iPhone memakan banyak ruang sehingga membuat layar jadi sempit. Dahi (bingkai di bagian atas layar) ponsel juga melebar percuma,” kata Barra.

Sebaliknya, Galaxy S7 memiliki bentuk pemindai sidik jari yang lebih ringkas. Tapi akibatnya perangkat ini hanya memiliki “dahi” yang tipis sehingga unit kamera terpaksa diletakkan di bagian tengah punggung, bukan di pojok seperti iPhone 6S.

Menurut Barra, penempatan kamera di tengah layar seperti pada Galaxy S7 mengganggu pemakaian dan estetika perangkat. “Jadinya kamera itu sticks out, menonjol sekali,” ujarnya.

Xiaomi Mi5 memadukan pemindai sidik jari ringkas milik Galaxy S7 dengan penempatan kamera di pojok seperti pada iPhone 6S. Penempatan speaker telepon pun bisa tepat di tengah bingkai di bagian atas layar.

“Detil-detil kecil seperti inilah yang kami pikir penting agar sebuah perangkat bisa terlihat ‘benar’. Meneyelesaikan rancangannya sulit dan butuh waktu lama,” imbuh Barra.

Selain itu, Xiaomi Mi5 turut menggunakan desain “3D Curved Glass” yang sedikit melengkung di bagian punggung. Varian tertinggi dari perangkat ini yang bernama Mi5 Pro memiliki bagian belakang yang terbuat dari keramik tangguh.

Di dalamnya, Mi5 diperkuat prosesro Snapdragon 820, RAM LDPPR4 hingga 4 GB, media penyimpanan hingga 128 GB, baterai 3.000 mAh, serta kamera 16 megapixel dengan OIS dan 4 megapixel di bagian muka.

Mi5 akan mulai dipasarkan di China pada 1 Maret mendatang. Harganya dipatok di kisaran Rp 3,5 juta hingga Rp 4,8 juta.

Sumber: KOMPAS Tekno

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: