Demi “Pesan Sponsor”, Facebook Pasang Caption di Video Iklan

                             Facebook meluncurkan tool otomatis untuk memberikan caption pada setiap video iklan yang diunggah ke platform jejaring sosial miliknya.Director of Ads Marketing Facebook, Graham Mudd mengatakan bahwa pemberian caption itu diperlukan supaya pesan iklan dalam video tetap diterima pengguna, meskipun suaranya dimatikan. 

Selama ini diperkirakan ada 40 persen video iklan yang gagal berkomunikasi dengan pengguna. Masalahnya adalah kebanyakan pengguna tidak menyalakan suara pada video tersebut.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari Business Insider, Kamis (11/2/2016), Facebook memprediksi bahwa caption bisa membuat pengguna lebih betah menonton video, termasuk iklan. Durasi waktu menonton bisa naik 12 persen.

Durasi menonton video merupakan ukuran yang sangat penting bagi sistem monetisasi video Facebook. Dari durasi inilah jejaring sosial tersebut bisa merayu pengiklan untuk memakai lapaknya.

Menurut Mudd, 55 persen pengguna yang menonton video iklan selama tiga detik, sudah pasti akan berlanjut ke 10 detik berikutnya.

Sedangkan 45 persen dari total orang yang menonton selama 3 detik, bisa dipastikan akan tetap menonton hingga video iklan itu selesai.

Menurut riset Nielsen, 47 persen dari pesan yang ingin disampaikan sebuah video iklan akan sampai ke pengguna dalam tiga detik pertama.

Sedangkan 74 persen dari pesan tersebut baru bisa sampai ke pengguna jika menonton sampai 10 detik.

Seiring dengan percobaan caption pada video ini, raksasa jejaring sosial itu juga memperkenalkan metode pengukuran lain pada para pengiklan. Kini mereka bisa tahu sebanyak apakah pengguna yang memainkan video iklan dengan atau tanpa suara.

Sumber: KOMPAS Tekno

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: