Google Rayakan Ulang Tahun Astronom Wanita Beatrice Tinsley

                             Google memperingati hari ulang tahun ke-75 astronom wanita Beatrice Tinsley dengan doodle khusus pada hari ini, Rabu (27/1/2016). Doodle tersebut menampilkan wanita yang tengah memegang teropong bintang dan sedang melihat bintang jatuh di malam hari. Siapakah Beatrice Tinsley sehingga Google perlu membuat penghormatan?

Beatrice Tinsley adalah seorang astronom sekaligus kosmolog ternama asal Inggris. Ia lahir di Chester, Inggris pada tahun 1941 dengan nama lengkap Beatrice Muriel Hill Tinsley

Menurut situs Wikipedia, seperti dikutip KompasTekno, Selasa (26/1/2016), astronom wanita itu meninggal dunia pada tahun 1981 karena menderita penyakit kanker.

Beatrice Tinsley mulai dikenal setelah melakukan penelitian tentang galaksi, terutama tentang bagaimana galaksi berevolusi dari waktu ke waktu.

Tinsley juga membuat model galaksi yang kemudian mengilhami perkiraan pertama bagaimana sebuah protogalaksi terbentuk. Penelitian Kinsley tersebut kini menjadi dasar untuk ilmu astronomi.

Pada tahun 1974, Beatrice Tinsley menerima penghargaan Annie J. Cannon Award dari American Astronomical Society sebagai pengakuan atas karyanya tentang evolusi galaksi.

 

Pada tahun 1978, Tinsley mencapai puncak kariernya setelah ditunjuk menjadi profesor astronomi di universitas ternama Amerika Serikat, Yale.

Sayangnya tiga tahun kemudian, tepatnya pada 23 Maret 1981, Tinsley meninggal dunia dalam usia 40 tahun karena kanker.

Sumber: KOMPAS Tekno

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: