GrabBike Pasang Tarif Baru, Lebih Murah atau Mahal?

                             Grab punya tarif baru untuk layanan transportasi roda dua, GrabBike. Seperti apa perubahan tarif tersebut? Sebagaimana KompasTekno rangkum dari keterangan pers yang diterima, Sabtu (13/2/2016), penumpang kini harus membayar Rp 1.500 per km dengan biaya minimum per satu perjalanan sebesar Rp 10.000.

Artinya, jika penumpang melakukan perjalanan sejauh 1 km pun, ia tetap diharuskan untuk membayar sebesar Rp 10.000.

“Sebagai contoh, penumpang melakukan perjalanan dari Stasiun Karet ke Senayan dengan estimasi jarak 6 km, ia hanya akan dikenakan biaya Rp 10.000,” kata Kiki Rizki, Country Head of Marketing, Grab.

Selain itu, Grab juga menerapkan tarif tambahan untuk “jam sibuk”, yakni dari pukul 06.00 hingga 09.00 dan 16.00 hingga 19.00, berlaku Senin-Jumat kecuali hari libur nasional.

Pelanggan yang memesan GrabBike saat jam sibuk akan dikenakan tambahan biaya sebesar Rp 8.000.

Contohnya, jika tarif awal Rp 20.000, dengan biaya tambahan Rp 8.000, maka biaya akhir yang harus dibayarkan adalah sebesar Rp 28.000.

Menurut Kiki, tarif promosi baru tersebut ditujukan untuk mendorong pengemudi GrabBike merespon pelanggan pada jam-jam sibuk.

“Pada jam sibuk, permintaan terhadap GrabBike meningkat berkali lipat. Hal tersebut mempengaruhi keberhasilan alokasi pengguna kami, dan kami memahami bahwa itu membuat frustasi mereka. Kami yakin tarif promosi baru ini akan membantu kita memenuhi kebutuhan pada jam-jam sibuk,” ungkap Kiki.

Sebelumnya, GrabBike memiliki tarif promosi flat sebesar Rp 12.000 ke mana saja, tanpa memandang jarak. Harga tersebut meningkat menjadi Rp 18.000 di jam-jam sibuk.

Skema tarif baru GrabBike bisa lebih murah kalau pengguna hanya melakukan perjalanan pendek di bawah batas pembayaran minimum (tak lebih dari Rp 10.000), namun bisa lebih mahal untuk perjalanan jauh dengan adanya tambahan tarif per kilometer.

Sumber: KOMPAS Tekno

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: