Indosat Ooredoo dan XL Axiata Berbagi Jaringan 4G

                             Dua operator seluler Indosat Ooredoo dan XL Axiata hari ini, Selasa (19/1/2016) mengumumkan kerja sama berbagi jaringan 4G LTE melalui MORAN (Multi Operator Radio Access Network). Melalui kerja sama tersebut, kedua operator akan menggunakan jaringan LTE yang sama di beberapa kota, seperti Banyumas, Surakarta, Batam, dan Banjarmasin, menyusul kemudian kota-kota lain di Indonesia.

“Kerja sama ini memperluas jaringan 4G LTE untuk pelanggan kita dan mendukung program pemerintah membangun ekonomi digital Indonesia,” ujar Alexander Rusli, Presiden Direktur dan CEO Indosat Ooredoo.

Sementara President Director & CEO XL Axiata, Dian Siswarini dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno menyatakan, “Kerja sama yang dilakukan antara XL Axiata dan Indosat Ooredoo ini juga menjadi upaya untuk mendorong daya saing perusahaan.”

Dian menambahkan, dengan berbagi penggunaan infrastruktur bersama, maka diharapkan bisa membawa keuntungan bagi pelanggan kedua operator tersebut.

Kerja sama jaringan (network sharing) sudah diimplementasikan di beberapa negara maju, memungkinkan para operator untuk memberikan jangkauan jaringan  lebih luas.

Kerja sama Indosat Ooredoo dengan XL Axiata adalah proyek network sharing LTE pertama di Indonesia. Pelanggan akan merasakan pengalaman yang tidak berbeda dari sebelumnya (seamless).

Baik Indosat Ooredoo maupun XL Axiata berharap kerja sama keduanya bisa ditingkatkan ke tahap core network sharing dengan dukungan pemerintah.

Sumber: KOMPAS Tekno

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: