InfoIndomaret Sampai Cenayang Film, Ini Akun Parodi di Twitter

                             — Orangtua dulu mengenal komedi situasi atau sitcom dari radio. Tahun-tahun selanjutnya, sitcom jadi konsumsi masyarakat era televisi.

Kendati berubah platform, konsep sitcom selalu sama: memotret guyonan keseharian dari percakapan dan konflik antar-tokoh.
Hari ini, pada era media sosial, sitcom pun masuk ke ruang maya lewat akun-akun parodi di Twitter. Walau basisnya teks, bukan audio atau visual, guyonan akun-akun anonim tak kalah menghibur. Berikut empat rekomendasi akun parodi di Twitter yang layak Anda follow.
1. @InfoIndomaret
Tak butuh waktu lama bagi akun parodi ini untuk jadi viral. Kali pertama berkicau pada 3 Januari 2016, kini @InfoIndomaret sudah punya lebih dari 14.000 follower.
Sesuai namanya, akun ini memarodikan keseharian yang terjadi di minimarket Indomaret. Gaya bahasa dalam berkicau dibuat apa adanya sehingga netizen merasa benar-benar menyaksikan komedi situasi di Indomaret.
Ada Ririn yang suka curhat, Pak Indra yang galak, Yadi yang doyan telat, Tuti yang cutinya lama, dan Deni yang baru belajar main Twitter.
“Yadi lagi dimarahin Pak Indra karena datang telat,” kata salah satu tokoh pada akun @InfoIndomaret.
“Bang Iyan ada orang Sari Roti nyetok,” kata tokoh lainnya.
Tak lupa, tokoh-tokoh di @InfoIndomaret juga menginformasikan berbagai promo barang. Nama merek tak pernah ditulis benar, tetapi netizen akan mengerti karena begitulah pelafalan sehari-harinya. 

“Sampo pentin dari harga Rp 37.900 jadi 29.900,” misalnya.  
2. @KFCAyamnyaJago
Sejak dari slogan terbalik, yang seharusnya “KFC Jagonya Ayam”, netizen diharapkan sudah tahu @KFCAyamnyaJago adalah akun parodi. Walaupun begitu, nyatanya tetap ada yang mengira bahwa akun tersebut adalah akun resmi KFC Indonesia.
@KFCAyamnyaJago pun berkicau, “Perhatian, akun ini adalah akun Pak Rodi yah, kalau akun Bu Rodi ada di sebelah, yang nanggepin serius tweet di sini, berarti kamu butuh piknik.”
Akun ini tak terlalu kuat membangun karakter tokoh layaknya @InfoIndomaret. Follower-nya juga lebih sedikit, masih 900-an akun. Kekuatannya lebih menonjol pada kicauan-kicauan satire berbalut guyonan.
“Kita sih sering didatengin artis-artis yang CD-nya kita jual, nggak kayak toko sebelah yang artisnya nggak pernah datang ke toko,” kata sang admin.
“Ada kastemer kedinginan dan minta AC-nya dimatiin. Yaelah mas, kalau nggak kuat sama AC, makan di @AyamSabanna aja, di sana cuma pakai kipas godek,” kicaunya lagi.
3. @startupwati
Akun parodi ini melulu membahas startup, mulai dari suka duka mendirikan startup, problematika startup, pendanaan startup, hingga beberapa kritik yang bernada guyonan.
Karena spesifik, akun parodi ini pun viral di kalangan tertentu saja. Walau tak sepopuler @InfoIndomaret, @Startupwati lebih komunikatif menanggapi pertanyaan dan pernyataan follower-nya.
Coba saja mention akun tersebut dengan pernyataan atau pertanyaan berbau startup, besar kemungkinan sang admin akan membalas.
“Siapa yang mau sekolah lagi cuma buat bangun startup? Kurikulumnya gimana? Yang ngajar siapa? Ide disekolahin?” tulis @startupwati.

Kicauan tersebut menanggapi munculnya sekolah khusus startup. Sekolah tersebut mengajarkan bagaimana mencari ide dan membangun sebuah startup.
@Startupwati kemudian membuat polling di Twiiter soal sekolah startup itu dengan mengajukan pertanyaan, “‘Sekolah’ Startup, yay or nay?” Hasilnya 67 persen menyatakan “nay” yang artinya tidak perlu sekolah untuk membangun startup.
4. @CenayangFilm
Dari keempat akun yang KompasTekno rekomendasikan, @CenayangFilm adalah akun parodi tertua. Didirikan sejak Maret 2013, akun ini telah diikuti lebih dari 20.000 pengguna Twitter.
Seperti namanya, bahasan @CenayangFilm pun spesifik seputar film dengan berbau candaan. Misalnya soal kualitas film, penganugerahan film, sutradara film, serta pemain-pemain film.
“Dan ada nama JJ Abrams lagi…Laku berats doi. Pasti mau naik haji. Haji JJ,” kata si admin.
Para follower @CenayangFilm juga kerap menanyakan opini sang admin tentang hal-hal berbau film dengan panggilan akrab “Mbah”. @CenayangFilm pun akan membalas dengan menyebut diri sebagai “Mbah”. Misalnya pada percakapan berikut ini.
“@CenayangFilm Mbah kalau buat dating, mending the big short apa the forest?” kata pengguna akun @lutfiankdrsmn.
@CenayangFilm pun membalas, “the forest…biar ada kaget bareng.”
Nah, itu dia empat akun parodi yang layak Anda ikuti supaya terhibur di mana pun dan kapan pun. Punya usul akun parodi lain yang juga menghibur?

Sumber: KOMPAS Tekno

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: