Ini Alasan Gojek dan Tokopedia Dilirik Pencari Kerja di Indonesia

                             Jobplanet, situs penyedia informasi pekerjaan, membeberkan hasil penelitian terbarunya seputar dunia rintisan digital atau biasa dikenal dengan istilah startup.Menurut Jobplanet, saat ini masih ada pandangan bahwa startup merupakan perusahaan belum mapan. Meskipun begitu, para pencari kerja di Indonesia mulai banyak melirik lowongan di perusahaan startup, seperti di perusahaan Gojek, Tokopedia, Traveloka, dan Blibli.com.

Ada beberapa faktor internal yang memengaruhi kepuasan karyawan secara umum terhadap perusahaan tempat mereka bekerja. Di antaranya, faktor gaji dan tunjangan, jenjang karier, work-life balance, budaya perusahaan, dan manajemen.

“Dari kelima faktor tersebut, yang menjadi daya tarik startup di mata karyawan dan pencari kerja adalah faktor budaya perusahaan, serta gaji dan tunjangan. Faktor lain yang juga menarik perhatian adalah kesempatan meraih karier yang lebih terbuka,” ungkap Kemas Antonius, Chief Product Officer Jobplanet di Indonesia.

Berikut faktor-faktor yang menarik para pencari kerja di Indonesia melirik startup, sebagaimana KompasTekno rangkum dari keterangan pers Jobplanet, Rabu (24/2/2016).

Budaya perusahaan

Berdasarkan analisis, dari total 51 startup yang terdaftar di situs Jobplanet, rata-rata tingkat kepuasan karyawan terhadap budaya perusahaan mereka adalah sebesar 3,1 dari rating tertinggi 5,0. Rating 5 sendiri mewakili penilaian “sangat puas”.

Di antara sepuluh startup yang membuat penasaran para pencari kerja, Tokopedia,

Traveloka, dan Bukalapak.com mendapatkan rating budaya perusahaan yang tertinggi, yakni sama-sama meraih rating 4,3.

Menyusul di belakang mereka adalah Blibli.com (4,2), OLX Indonesia (4,0), Lazada (3,8), Gojek (3,7), Bhinneka.com (3,4), KMK Online (2,7), dan Zalora (2,3).

“Rating 4,0 mewakili penilaian ‘puas’. Dengan begitu, dapat disimpulkan bahwa karyawan ataupun mantan karyawan Tokopedia, Traveloka, Bukalapak.com, Blibli.com, dan OLX Indonesia merasa puas dengan budaya perusahaan tempat mereka bekerja,” ujar Kemas.

Gaji dan tunjangan

Dari segi gaji dan tunjangan, Blibli.com dan Traveloka mendapatkan rating paling tinggi dari para karyawan dan mantan karyawannya. Kedua startup e-commerce tersebut sama-sama mendapatkan rating gaji dan tunjangan sebesar 4,3.

Menyusul di belakang mereka adalah OLX Indonesia (3,8), Tokopedia (3,7), Gojek (3,6), Bukalapak.com, Zalora, dan Lazada yang sama-sama mendapatkan rating 3,3; diikuti oleh KMK Online (2,6) dan Bhinneka.com (2,5).

Berdasarkan perhitungan Jobplanet, rata-rata tingkat kepuasan karyawan dari seluruh startup yang terdaftar di Jobplanet terhadap gaji mereka adalah sebesar 3,4.

Dengan demikian, tingkat kepuasan karyawan Blibli.com, Traveloka, OLX Indonesia, Tokopedia, dan Gojek berada di atas rata-rata.

Jenjang karier

Startup dipandang sebagai tempat yang tepat untuk menimba ilmu dan menempa karier, di mana kontribusi setiap individu dapat terlihat jelas dan terukur, serta kesempatan untuk meniti jenjang karier masih terbuka.

Berdasarkan penilaian karyawan dan mantan karyawan, kesempatan untuk meraih jenjang karier paling besar dimiliki oleh Blibli.com yang mendapatkan rating jenjang karier sebesar 3,8.

Di belakangnya menyusul Traveloka (3,7), Tokopedia (3,6), Lazada (3,4), Gojek, OLX Indonesia, dan Bukalapak.com yang sama-sama mendapatkan rating 3,3; KMK Online dan Zalora dengan rating masing-masing 2,6; serta Bhinneka.com (2,2).

Rata-rata rating jenjang karier di perusahaan startup secara keseluruhan adalah 3,3. Dengan demikian, Blibli.com, Traveloka, Tokopedia, dan Lazada diakui karyawan memberikan kesempatan yang lebih besar untuk mengembangkan karier mereka.

Work-life balance

Startup identik dengan tim kecil dan kerja keras. Hal tersebut tak bisa dipungkiri. Meski begitu, berdasarkan penilaian para karyawan dan mantan karyawan, beberapa dari sepuluh startup di atas memberikan work-life balance yang baik.

Rata-rata rating work-life balance dari seluruh startup yang ada di situs Jobplanet adalah sebesar 3,5.

Startup yang mendapatkan rating work-life balance tertinggi dan di atas rata-rata adalah Blibli.com dan Bukalapak.com, yakni sama-sama sebesar 4,3. Menyusul mereka ada Tokopedia (3,9), serta Gojek, OLX Indonesia, dan Traveloka yang sama-sama mendapatkan rating 3,8.

Sumber: KOMPAS Tekno

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: